eprintid: 21853 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/18/53 datestamp: 2023-04-02 10:40:49 lastmod: 2023-04-02 10:40:49 status_changed: 2023-04-02 10:40:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfiansyah, Denny creators_name: Maifitrianti, Maifitrianti creators_name: Nurhasnah, Nurhasnah title: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSPI PROF. DR. SULIANTI SAROSO PERIODE NOVEMBER - DESEMBER 2021 ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Kualitas pelayanan kesehatan merupakan faktor yang harus di perhatikan rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang yang muncul dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis penelitian analisa deskriptif. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada bulan November – Desember 2021 sampel dipilih secara simple random sampling pada 400 responden pasien rawat jalan. Instrumen penelitian berupa kuisoner, untuk mengukur 5 dimensi kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan untuk rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada Tangible 80,35%, Realibility 78%, Responsiveness 78%, Assurance 83%, Emphaty 79% dan ratarata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori puas dengan persentase 79%. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, BPJS date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anjaryani, Wike D. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Tesis. Universitas Diponegoro: Semarang. Astuti N.K., Wisnu K. 2018. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 02 (1): 84-92 Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. Depy O. 2019. Gambaran tiingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di intalasi farmasi RSD Idaman banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 5(1), Maret 2020, 108-116 Fadlilah T. 2009. Pengetahuan dan Sikap Pasien BPJS dalam hal kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Pirngadi Medan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara Medan. Handayani R.S., Raharni, Gitawati R. 2009. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia. Makara Kesehatan, 13 (01) : 22-26 Kementerian Kesehatan RI. 2004. Tentang Sistem Jaminan Sosial. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Kementerian Kesehatan RI. 2008. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Kesehatan Nomor 36, Jakarta. Kementerian Kesehatan RI. 2013. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI. 2014. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1333/Menkes/SK/XII/1999 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit Murtiana, E., Majid, R. and Jufri, N.N., 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien Bpjs di RSUD Kota Kendari Tahun 2016. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 1(4). Ningrum, RAS. 2018. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSAU dr. Esnawan Antariksa Periode Agustus-September 2018. Skripsi. Jakarta Noviana, P. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di RSUD Pare Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Wiyata. 4 (2) : 111-120 Oroh, M. E., Rompas, S., & Pondaag, L. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan, 2(2). Pohan, I.S., 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasat pengertian dan penerapan. EGC. Sudjana, N., 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito, 168. Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sutrisna, EM., Meilina Dyah Ekawati, Tri Yulianti. 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Pharmacon. 9 (2) : 57-67 Syofian, S. 2011. Stastistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Tiyas dan Achmad. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Setjonegoro Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.1, No. 2 119- 125 Tjiptono, F dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Trisnawati. 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan PNS pada Masa Pelaksanaan Askes dan JKN. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.5, No.2 33-39. Yogyakarta: Andi Offset. Hlm. 147. Wijaya H. 2012. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Tahun 2012. Tesis. Universitas Indonesia. Depok. Yuliati, Y., Magdalena, E., & Pratiwi, D. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus Di Rumah Sakit Swasta X Jakarta). Indonesian Journal of Nursing Health Science, 1(01). Yuniar, Y. and Handayani, R.S., 2016. Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Indonesian Pharmaceutical Journal, 6(1), pp.39-48. Yuniarta, E., & Suharto, G. 2011. Hubungan Tingkat Pendidikan Pasien Terhadap Kepuasan Pemberian Informed Consent Dibagian Bedah RSUP citation: Alfiansyah, Denny dan Maifitrianti, Maifitrianti dan Nurhasnah, Nurhasnah (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSPI PROF. DR. SULIANTI SAROSO PERIODE NOVEMBER - DESEMBER 2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21853/1/FS03-220241.pdf