TY - THES Y1 - 2022/// ID - repository21853 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21853/ N2 - Kualitas pelayanan kesehatan merupakan faktor yang harus di perhatikan rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang yang muncul dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis penelitian analisa deskriptif. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada bulan November ? Desember 2021 sampel dipilih secara simple random sampling pada 400 responden pasien rawat jalan. Instrumen penelitian berupa kuisoner, untuk mengukur 5 dimensi kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan untuk rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada Tangible 80,35%, Realibility 78%, Responsiveness 78%, Assurance 83%, Emphaty 79% dan ratarata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori puas dengan persentase 79%. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, BPJS PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA M1 - bachelor AV - public TI - TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSPI PROF. DR. SULIANTI SAROSO PERIODE NOVEMBER - DESEMBER 2021 A1 - Alfiansyah, Denny A1 - Maifitrianti, Maifitrianti A1 - Nurhasnah, Nurhasnah ER -