@phdthesis{repository21853, title = {TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSPI PROF. DR. SULIANTI SAROSO PERIODE NOVEMBER - DESEMBER 2021}, year = {2022}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21853/}, author = {Alfiansyah, Denny and Maifitrianti, Maifitrianti and Nurhasnah, Nurhasnah}, abstract = {Kualitas pelayanan kesehatan merupakan faktor yang harus di perhatikan rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang yang muncul dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis penelitian analisa deskriptif. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada bulan November - Desember 2021 sampel dipilih secara simple random sampling pada 400 responden pasien rawat jalan. Instrumen penelitian berupa kuisoner, untuk mengukur 5 dimensi kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan untuk rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso pada Tangible 80,35\%, Realibility 78\%, Responsiveness 78\%, Assurance 83\%, Emphaty 79\% dan ratarata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori puas dengan persentase 79\%. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, BPJS} }