eprintid: 21835 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/18/35 datestamp: 2023-04-02 10:41:48 lastmod: 2023-04-02 10:41:48 status_changed: 2023-04-02 10:41:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustin, Melawati creators_name: Wulandari, Nora creators_name: Nugrahaeni, Fitria title: TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN KOSMETIK DI KECAMATAN DUREN SAWIT ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Cara hidup halal (halal lifestyle) tidak hanya berfokus pada makanan atau minuman saja, tetapi dengan cakupan yang lebih luas seperti kosmetik, obat, dan lainnya. Kosmetik adalah sediaan yang digunakan di bagian luar tubuh manusia yang dimaksudkan untuk melindungi bagian tubuh agar tetap dalam keadaan baik, sedangkan halal adalah sesuatu yang diperbolehkan oleh Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat terhadap kehalalan kosmetik serta hubungan antar variabel dengan menggunakan metode observasi desain cross sectional dengan menggunakan instrumen kuisioner google form pada Januari-Maret 2022 terhadap 400 responden. Metode analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dikategorikan baik karena sudah menjawab kuesioner pengetahuan kosmetik halal dengan benar, untuk sikap dikategorikan positif karena sudah paham terhadap pemilihan kosmetik halal dan untuk perilaku dikategorikan baik karena tindakan yang dilakukan sudah benar. Untuk hasil korelasi Spearman rho menyimpulkan pengetahuan dengan sikap serta pengetahuan dengan perilaku terdapat adanya hubungan yang signifikan dengan kekuatan hubungan sangat lemah serta variabelnya searah, sementara antara sikap dan perilaku tidak terdapat hubungan yang signifikan namun dinyatakan searah dengan kategori sangat lemah. Kesimpulannya tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku dikategorikan baik, serta semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka semakin positif sikap dan semakin tinggi perilaku penggunaan kosmetik halal. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kosmetik Halal. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, S., Halim, F., & Ahmad, N. B. (2016). The State of Halal Cosmetic Research on Consumer Behavior: A Systematic Review of the Literature and Future Research Directions JEL Classification. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, 1, 40–51. Arifiyanto, R., Pemasaran, J., & Ekonomi, F. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Kosmetik Halal Dan Religiusitas Pada Sikap Terhadap Kosmetik Halal. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aspari, I. K. (2020). Tingkat Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Masyarakat Terhadap Kehalalan Obat di Kabupaten Bojonegoro. BPOM. (2011). Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia. BPS. (2021). Jakarta Timur Municipality InFigures 2021 Dalam Angka Kota Jakarta Timur 2021 Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur BPSStatistics of Jakarta Timur Municipality. Fatkhurohman. (2015). Pengaruh Pemahaman Label Halal dan Faktor Sosial Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal (Studi Pada Mahasiswa Pondok Pesantren Al Barokah). 22. Fauzi, M. (2018). Problematika penentuan fatwa hukum halal Di indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 51. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i1.141 Kettani, H. (2010). 2010 World Muslim Population. https://www.researchgate.net/publication/268290952 Khadijah, D., Asmak, A., Fatimah, S., Huzaimah, I., & Khuriah, A. H. (2015). Is Our Medicine Lawful (Halal)? Middle-East Journal of Scientific Research, 23(3), 367–373. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2015.23.03.8422 Kusuma M, & Silvia A. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Pembelian Produk Kosmetik Halal. Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 3. Lailaturrohmah, S., & Lutviyani, A. (2021). The effect of education on knowledge and attitudes in using halal cosmetic products. Journal of Halal Product and Research, 4(2), 83. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.4-issue.2.83-89 Lia Vance. (2020, June 17). Daftar Kosmetik Halal BPOM di Indonesia. Izinpom.Com. Mahdiyyah, M., & Putriana, N. A. (2019). Analisis Kimia untuk Mendeteksi Kandungan Non-Halal pada Kosmetik. Farmasetika.Com (Online), 4(5). https://doi.org/10.24198/farmasetika.v4i5.23067 Muchtaridi. (2017). Kosmetika Halal atau Haram serta Sertifikasinya. Majalah Farmasetika, 2(No 1), 2–4. MUI. (2018). Fatwa Penggunaan Alkohol untuk Bahan Obat (INA). MUI. Mursyidi, A. (2013). The Role of Chemical Analysis in the Halal Authentication of Food and Pharmaceutical Products. In J. Food Pharm.Sci (Vol. 1). Ningrum, E. L., Pendidikan, M. W., & Keluarga, K. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Dengan Perilaku Penggunaan Kosmetik Tata Rias Wajah Berlabel Halal (Vol. 8, Issue 1). Permenkes. (2010). Permenkes_No.1175_Menkes_Per_VIII_2010_TentangIzin-produksi_2010. Pocut Susila Indra Yeni. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Penggunaan Obat Generik Pada Masyarakat di Wilayah Kerja PUSKESMAS Padang Panyang Kabupaten Nagan Raya. PP, R. (2019). Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Pratiwi, R. (2021). Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Penggunaan Probiotik Masyarakat Kelurahan Ciracas Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. 28. Rahmadani, G. (2015). Halal dan Haram Dalam Islam. Rahman, A. E. A. R. S. (2015). Consumers and Halal Cos-metic Products: Knowledge, Re-ligiosity, Attitude, and Intention. Journal of Islamic Marketing. Bingley, Vol. 6, Issue 1 (2015), PP 148-163. Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Saiful, M., & Yusoff, B. (2019). ABC of Content Validation and Content Validity Index Calculation Rethinking Education Environment: The Clinical Education Environment Framework Viewproject Promoting Resilience, Minimizing Burnout Among Students in Higher Education View project. Article in Education in Medicine Journal, 11(2), 49–54. https://doi.org/10.21315/eimj2019.11.2.6 Sari, E. S., Rini, H., B., & Triasih, D. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Problematika Kosmetik yang tidak Terdaftar Dalam BPOM. Silviana, I. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit ISPA Dengan Perilaku Pencegahan ISPA Pada Balita Di PHPT Muara Angke Jakarta Utara Tahun 2021. Syarifuddin, H, & Siradj, M. (2015). Sertifikasi Halal Dan Sertifikasi NonHalal Pada Produk Pangan Industri. Zailani, S., & Zainuddin, Z. (2016). Halal Cosmetics Adoption Among Young Muslim Consumers in Malaysia: Religiosity Concern. 6, 47. citation: Agustin, Melawati dan Wulandari, Nora dan Nugrahaeni, Fitria (2022) TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN KOSMETIK DI KECAMATAN DUREN SAWIT. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21835/1/FS03-220235.pdf