eprintid: 21801 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/18/01 datestamp: 2023-04-02 10:34:56 lastmod: 2023-04-02 10:34:56 status_changed: 2023-04-02 10:34:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anbar, Linda Khairiyah creators_name: Priyanto, Priyanto creators_name: Pebriyani, Pebriyani creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT AMAL SEHAT WONOGIRI ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Rumah Sakit adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang efektif, efisien dan memberikan informasi kesehatan yang tepat bagi masyarakat. Kepuasan pasien sebagai pengguna jasa merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. Penelitian ini bersifat deskriptif, pengambilan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan februari 2018 terhadap 107 responden, data diolah dan dianalisis dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pasien BPJS sudah merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri dengan nilai presentase cukup puas 4,7%, puas 84,1% dan sangat puas 11,2%. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, BPJS date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ariawan I. 1998. Besar dan Metode Sampel pada Penelitian Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Badan Statistik Pusat. 2017. Sensus Penduduk Kecamatan Slogohimo. Wonogiri. Budianti N. 2017. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. Jakarta. Dahlan M. 2017. Evaluasi Implementasi Program Jaminan Kesetan Nasional Terhadap Paien Stroke di RSUP Dr. Sardjito. Jurnal Kebijakan Kesehatan Nasional. Heni L, Yuliastuti F, Diana PS. 2014. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kabupaten Magelang. Kristanti ND, Sunarni, Wiedyaningsih C. 2015. Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta. Kurniawan A, Intiasari AD. 2012. Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Bayumas. Dalam: Jurnal Kesmasindo. Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto. Hlm. 169 – 179. Manurung LP. 2010. Analisa Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi dengan Minat Pasien Menebus Kembali Resep Obat di Instalasi Farmasi RSUD Budhi Asih Tahun 2010. Tesis. Universitas Indonesia. Depok. Minantyas A. 2011. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Askes dan Pasien Umum di Bangsal Mawar III RSUS Dr.Moewardi Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Munthe AY. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan. Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3. Salemba Medika. Jakarta. Pratiwi. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Menggunakan Metode Serqual (Studi di RS Swasta X Jakarta). Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Jakarta. Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta. Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta. Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta. Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44. Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta. Republik Indonesia. 2008. Mentri Kesehatan RI No 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standart Pelayanan Minimal Rumah Sakit.Jakarta. Riyadi R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta. Sari RP. 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotek X. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Banjarmasin. Hlm. 122 – 133. Simamora B. 2005. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektid dan Profitabeli. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung. Syofian S. 2011. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Tjiptono. 2008. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Malang citation: Anbar, Linda Khairiyah dan Priyanto, Priyanto dan Pebriyani, Pebriyani (2018) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT AMAL SEHAT WONOGIRI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21801/1/FS03-220060.pdf