eprintid: 21719 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/17/19 datestamp: 2023-04-02 10:28:29 lastmod: 2023-04-02 10:28:29 status_changed: 2023-04-02 10:28:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julianti, Devita creators_name: Wiyati, Tuti creators_name: Nugrahaeni, Fitria title: TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN KOSMETIKA DI KECAMATAN JATINEGARA ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang berkembang di Indonesia. Jumlah penduduk di Indonesia mayoritas menganut agama Islam. Sehingga, harus tersedianya keterangan halal pada produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat dan mengetahui hubungan antara karakteristik dengan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat Kecamatan Jatinegara terhadap kehalalan kosmetika. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan desain cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku. Pada penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat berpengetahuan baik (69,8%), bersikap positif (98,5%), dan berperilaku baik (60,5%) terhadap kehalalan kosmetika. Metode analisis menggunakan Uji Spearman Rho dengan hasil bahwa terdapat hubungan signifikan pada pengetahuan dan sikap dengan p-value 0,000 (P<0,05); pengetahuan dan perilaku dengan p-value 0,000 (P<0,05); sikap dan perilaku dengan p-value 0,000 (P<0,05). Semakin baik tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku maka semakin tinggi minat masyarakat memilih kosmetik halal. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kehalalan Kosmetika. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adriani L, Maruf. 2020. Analisis Perilaku Islami terhadap Niat Beli Kosmetik Halal melalui Sikap Konsumen. Dalam: Journa of Management and Business Review. Universitas Andalas, Padang. Hlm. 116, 119. Aris SE, Jumiono A, Akil S. 2020. Identifikasi Kritis Kehalalan Gelatin. Dalam: Jurnal Pangan Halal. Universitas Djuanda, Bogor. Hlm. 1. Azwar S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya edisi ke 2. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Hlm. 4 Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur. 2019. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang Dianut di Kota Jakarta Timur 2019. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Jakarta. Hlm. 1. BPOM RI. 2019. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik. BPOM RI. Hlm. 2. Briliani RA, Safitri D, Sudarno. 2016. Analisis Kecenderungan Pemilihan Kosmetik Wanita di Kalangan Mahasiswa Jurusan Statistika Unniversitas Diponegoro Menggunakan Biplot Komponen Utama. Dalam: Jurnal Gussian. Universitas Diponegoro, Semarang. Hlm. 2. Budiman R. 2013. Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika, Jakarta. Hlm. 11-22. Chumaida ZV. 2020. Perlindungan Konsumen Muslim Atas Produk Halal. CV. Jakad Media Publishing, Jakarta. Hlm. 4. Darma B. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia, Jakarta. Hlm. 17. Donsu JDT. 2016. Psikologi Keperawatan. Pustaka Baru Press, Yogyakarta. Hlm. 2-3. Faridah HD. 2019. Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Dalam: Jurnal of Halal Product and Research. Hlm. 72. Fatwa Majelis Ulama Indonesia. 2011. Penggunaan Plasenta Hewan Halal untuk Bahan Kosmetika dan Obat Luar. Majelis Ulama Indonesia, Jakarta. Hlm. 6-7. Haidayatullah D. 2018. Pengaruh Label Halal pada Pertumbuhan Kosmetik dan Pandangan Wanita Muslim Negara Islam Dunia. Dalam: Jurnal Kompetensi. Universitas Machung, Malang. Hlm. 3. Hidayat AA. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji ValiditasReliabilitas. Health Books Publishing, Surabaya. Hlm. 12. Jaswir I, Elvina R, Nancy DY, Anna PR. 2020. Daftar Refrensi Bahan-Bahan yang Memiliki Titik Kritis Halal dan Substitusi Bahan Non-Halal. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. Hlm. 18. Kamilah EN. 2015. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kusuma TS, Kurmiawati AD. 2021. Makanan Halal dan Thoyyib. Universitas Brawijaya Press, Malang. Hlm.8. Lailaturohmah S, Alvina L, Jihan RN. 2021. Pengaruh Edukasi terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Penggunaan Produk Kosmetik Halal. Jurnal of Halal Product and Research. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Hlm. 85-89. Lutfika E. 2020. Mengenal Bahan Kosmetika dan Obat-Obatan. LPPOM MUI: Jakarta. Hlm. 1. Maharani NK, Silvia A. 2019. Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Niat Pembelian Produk Kosmetik Halal. Dalam: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam. UHAMKA, Jakarta. Hlm. 8-13. Majelis Ulama Indonesia. 2018. Penggunaan Alkohol/Etanol untuk Bahan Obat. Wadah Musyawarah Para Ulama Zu’ma dan Cendikiawan Muslim, Jakarta. Hlm. 10-11. Mama S. 2021. Tingkat Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Mahasiswa Thailand di Indonesia terhadap Kehalalan Obat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Hlm. 80-85. Masrul IS, Sevie. 2020. Perilaku Konsumen Terhadap Kesadaran Menggunakan Produk Kosmetik Halal. Dalam: Jurnal Bisnis dan Akutansi. Universitas Indonesia, Jakarta. Hlm. 3. Myers DG, Twenge JM. 2018. Social Psychology 13th ed. McGraw-Hill. Ovan, Saputra. 2020. CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, Takalar. Hlm. 4. Ningrum EL.2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dengan Perilaku Penggunaan Kosmetik Tata Rias Wajah Berlabel Halal. Dalam: Jurnal Akademik. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya. Hlm. 3-7. Nugrahaeni F, Rahmawati M. 2019. Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Swamedikasi Batuk pada SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Dalam: Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal. Universitas Muhammadiya Prof.Dr.HAMKA, Jakarta. Palupi T, Sawitri DR. 2017. Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku ProLingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. Dalam: Proceeding Biology Education Conference. Hlm. 214–217. Patamita GP. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Mengonsumsi Kosmetik Berlabel Halal. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor. Hlm. 1. Peter JP, Jerry CO. 2005. Consumer Behavior and Marketing Strategy. McGrawHill, New York. Hlm. 578. Presiden Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Presiden Republik Indonesia, Jakarta. Hlm. 3. Rahayu S. 2019. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Ibu tentang Asi Eksklusif terhadap Status Gizi Bayi. Dalam: Jurnal AcTion. Politeknik Kesehatan Kesmenkes, Bandung. Hlm. 30. Rahmawanty D, Sari DI. 2019. Teknologi Kosmetik. CV IRDH, Malang. Hlm. 11- 13. Rohmatun KI, Dewi KC. 2017. Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas terhadap Niat Beli pada Kosmetik Halal melalui Sikap. Dalam: Jurnal Ecodemica. Hlm. 31. Rusmanto. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Perilaku Masyarakat terhadap Kepatuhan Minum Obat Anti Filaria di RW II Keluarahan Pondok Aren. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Sari RMR. 2020. Analisis Persepsi Kehalalan terhadap Keputusan. Skripsi. Universitas Islam Negeri, Jambi. Hlm. 55. Sinulingga NAB, Sihotang HT. 2021. Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher. Hlm. 13. Syafrida. 2018. Sertifikat Halal pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungnan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Dalam: Jurnal Hukum. Universitas Tama Jagakarsa, Jakarta. 162-165,168. Urrohman A. 2019. Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Perilaku Siswa dalam Mencari Informasi di SMPN 2 Lohbener. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Hlm. 4. Wardani TS. 2021. Kosmetologi. Pustaka Baru Press, Yogyakarta. Hlm. 5-8. 39. 58-61. Zulham. 2018. Peran Negara dalam Perlindungan Konsumen Muslim terhadap Produk Halal. Kencana, Jakarta. Hlm. 69. 76-85. citation: Julianti, Devita dan Wiyati, Tuti dan Nugrahaeni, Fitria (2022) TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN KOSMETIKA DI KECAMATAN JATINEGARA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21719/1/FS03-220363.pdf