%X Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang berkembang di Indonesia. Jumlah penduduk di Indonesia mayoritas menganut agama Islam. Sehingga, harus tersedianya keterangan halal pada produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat dan mengetahui hubungan antara karakteristik dengan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat Kecamatan Jatinegara terhadap kehalalan kosmetika. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan desain cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku. Pada penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat berpengetahuan baik (69,8%), bersikap positif (98,5%), dan berperilaku baik (60,5%) terhadap kehalalan kosmetika. Metode analisis menggunakan Uji Spearman Rho dengan hasil bahwa terdapat hubungan signifikan pada pengetahuan dan sikap dengan p-value 0,000 (P<0,05); pengetahuan dan perilaku dengan p-value 0,000 (P<0,05); sikap dan perilaku dengan p-value 0,000 (P<0,05). Semakin baik tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku maka semakin tinggi minat masyarakat memilih kosmetik halal. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kehalalan Kosmetika. %A Devita Julianti %A Tuti Wiyati %A Fitria Nugrahaeni %L repository21719 %D 2022 %T TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN KOSMETIKA DI KECAMATAN JATINEGARA %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA