eprintid: 21190 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/11/90 datestamp: 2023-02-14 07:27:59 lastmod: 2023-02-14 07:27:59 status_changed: 2023-02-14 07:27:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Muhammad Dika title: Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility,Biaya Promosi, Struktur Modal, Financial Leverage, Dan Biaya Research & Development Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2019 ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Akuntansi abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya Corporate SocialResponsibility, Biaya Promosi, Struktur Modal, Financial Leverage, dan Biaya Research & Development terhadap Profitabilitas pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi dimana sampel perusahaan yang digunakan sebanyak 10 (sepuluh) perusahaan pertambangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 20. Secara parsial hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biaya corporate social responsibility memiliki thitung sebesar 2,230 > ttabel 2,015 maka dapat diinterpretasikan bahwa biaya corporate social responsibility berpengaruh terhadap Profitabilitas yang berarti H1 diterima. Biaya Promosi memiliki thitung 1,932 < ttabel 2,015 maka dapat diinterpretasikan bahwa biaya promosi tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas yang berarti H2 ditolak. Struktur Modal memiliki thitung 3,635 < ttabel 2,015 maka dapat diinterpretasikan bahwa Struktur Modal berpengaruh terhadap Profitabilitas yang berarti H3 diterima. Financial Leverage memiliki thitung 0,210 < ttabel 2,015 maka dapat diinterpretasikan bahwa Financial Leverage tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas yang berarti H4 ditolak. Biaya Research & Development memiliki thitung 0,582 < ttabel 2,015 maka dapat diinterpretasikan bahwa Biaya Research & Development tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas yang berarti H5 ditolak. Secara simultan H6 dalam penelitian ini diterima yang artinya Biaya Corporate Social Responsibility, Biaya Promosi, Struktur Modal, Financial Leverage, dan Biaya Research & Development terhadap Profitabilitas dengan nilai Adjusted R Square sebesar 40.2% dan sebesar 59,8% dijelaskan oleh variabel lain seperti ukuran perusahaan, nilai saham, pembagian dividen, dan pendapatan yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang telah disebutkan dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel perusahaan yang berbeda. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afrifa, Godfred Adjapong., & Padachi, Kesseven. (2016). Working capital level influence on SME profitability. Journal of Small Business and Enterprise Development. Canterbury Christ Church University, Vol.4, No.1, Februari, 2016, Canterbury, UK. Al Gifari. (2015). Analisis Teori Regresi : Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE. Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta. Andreas, Hans Harnanto., Ardeni, Albert., & Nugroho, Paskah Ika. (2017). Konservatisme Akuntansi Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.20, No.1, April, 2017, Universitas Kristen Satya Wacana. Banerjee, Neelotpaul., & Siddhanta, Somroop. (2015). An Empirical Investigation on The Impact of Marketing Communication Expenditure on Firms’ Profitability: Evidence From India. Global Business Review, Vol.16, No.4, 609-622, Oktober, 2015, Mahatma Gandhi Avenue, Durgapur, India. Bayazidi, Yahya. (2016). The Impact of Research and Development and Marketing Costs on The Profitability of Pharmaceutical Companies of Tehran Stock Exchange Using Panel Data 2001-2013. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, Vol.2, No.3, 89-101, November, 2016, Tehran University. Borg, Walter., dan Gall, Joyce. (2015). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman. Boutilda, Riris. (2014). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan : Studi Empiris Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013, Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi Universitas Diponegoro, Vol.1, No.32, Januari, 2014, Universitas Diponegoro. Chandra, Teddy., Achmad, Tavip. (2019). The Effect of Capital Structure on Profitability and Stock Returns. Journal of Chinese Economic and Foreign Trade Studies, Vol.3, No.3, Juni, 2019, STIE Pelita Indonesia Pekanbaru. Chen, Kai. (2020). The Effects of Marketing on Commercial Banks Operating Businesses and Profitability: Evidence From US Bank Holding Companies. International Journal of Bank Marketing. School of Economic and Business, Vol.7, No.1, April, 2020, SUNY Oneonta. Crowther, David. (2014). Corporate Social Responsibility. Gulen Aras & Ventus. Edisi 1 Jilid 1, Publishing Aps, Kuala Lumpur. Dalci, Ilhan. (2018). Impact of Financial Leverage on Profitability of Listed Manufacturing Firms in China. Pacific Accounting Review, Vol.1, No.10, November, 2018, Eastern Mediterranean University. Darsono, Prawironegoro. (2016), Manajemen Keuangan Edisi Revisi, Mitra Wacana Media, Jakarta. Fahmi, Irham. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal, Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Halim, Abdul. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media. Hanafi, Mamduh Muhammad. (2017). Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta. Hansen, Don., dan Maryanne, Mowen. (2015). Managerial Accounting: Akuntansi Manajerial. Edisi 8. Dialih bahasakan oleh Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat. Harjito, Agus. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi 2. Cetakan Pertama. Penerbit Ekonesia. Yogyakarta. Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. Yogyakarta: BPFE. Haryani, Nurnaningsih. (2017). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah dan Sewa Ijarah Terhadap Profitabilitas. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, Vol.3, No.1. Juni, 2017. Universitas Islam Negeri Raden Indan. Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Jaisinghani, Dinesh. (2016). Impact of R&D on Profitability in The Pharma Sector: An Empirical Study From India. Journal of Asia Business Studies. Finance Departmen, Vol.2, No.1, Mei, 2016, International Management Institute. Jang, Soo., dan Tang, Chun Hun. (2019). Simultaneous Impacts of International Jumingan. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara. Kartikahadi, Hans., Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, dan Sylvia Veronica Siregar. (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1, Jakarta : Salemba Empat. Kartini, Dwi. (2014). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandund: Refika Aditama. Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan, ed. ke-1. Rajawali Pers. Jakarta. Khojastehpour, Morteza., & Johns, Raechel. (2014). The Effect of Environmental CSR Issues on Corporate/Brand Reputation and Corporate Profitability. European Business Review. Vol.1, No.2, Juni, 2014, Department of Management, Mashad, Iran. Kieso, Donald E., Jerry J., Weygandt, Terry D. Warfield. (2016). Intermediate Accounting. IFRS Edition. Second Edition. United States : WILLEY. Kim, Yura., dan Joo, Jaewoo. (2014). The Moderating Effect of Product Market Competition in The Relationship Between Advertising Expenditures and Sales. Journal of Applied Business Research. Vol.29, No.4, July, 2014, Kookmin University, Korea. Kotler, Philip,. dan Armstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke 12 Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip,. dan Keller, Kevin. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga Lee, Sunghee., dan Jung, Hun. (2016). The Effects of Corporate Social Responsibility on Profitability. Management Decision, Vol.1, No.23, July, 2016, Hoseo University. Markota, Ljerka., Aljinović Barać., & Knezović, Vinka. (2015). Impact of Promotional Costs on Company’s Profitability. Journal Of Accounting and Management, Vol.1, No.2, 19-30. November, 2015, University of Split, rate Social Responsibility) (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Korporasi). Bandung: Alfabeta. 186 Martani, Dwi., Sylvia Veronica Siregar, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat. Melisa, Feronica. (2019). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Pada PT Megamitra Makmur Sentosa Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, Vol.14, No.1, Maret, 2019, Universitas SAM Ratulangi, Manado. Moedjahedy, Jimmy. (2014). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Journal of Business and Economic, Vol.12, No.1, Januari, 2014, Universitas Klabat. Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan. Pustaka Setia, Bandung. Munawir, Syed. (2014). Analisis Laporan Keuangan, edisi ke-4. Liberty. Yogyakarta. Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Andi Offset, Yogyakarta Nazaruddin, Letje., dan Basuki, Agus. (2016). Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media. Nurwahidah, Fitriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Acta Diurna Komunikasi, Vol.3, No.1, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar. Peter, Paul., dan Jerry, Olson. (2014). Consumer Behavior. Jilid II diterjemahkan oleh Damos Sihombing. Jakarta : Erlangga Pham, Hanh Song Thi., & Nguyen, Duy Thanh. (2019). The Effects of Corporate Governance Mechanisms on The Financial Leverage–Profitability Relation. Management Research Review, Vol.2, No.2, 134-147, Desember, 2019, Sheffield Hallam University. Prayitno, Singgih. (2015). Corporate Social Responsibility : Konsep, Strategi, dan Implementasi. Edisi 1 Jilid 1. Penerbit Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI), Jakarta Rahman, Reza. (2014). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta : Buku Kita. Rahmanita, Maulidina. (2017). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Surakarta: Program Sarjana IAIN Surakarta. Rahmatullah, Kurniati. Trianita. (2014). Panduan Praktis Pengelolaan Corporate Social Responsibility. Penerbit Samudra Bir, Yogyakarta. Romadhika, Muhammad Ongky. (2019). Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012 – 2017). eProceedings of Management, Vol.6, No.2, Mei, 2019, Telkom University. Rustami, Putu. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol.2, No.1, April, 2014, Universitas Ganesha. Sahabuddin, Romansyah. (2016). Development of Buvalue and Behaviours: Takalar District, South Sulawesi (Indonesia) Case Study. Journal: Actual Problems of Economics. Vol.1 No. 176, Januari, 2016, Universitas Negeri Malang Samo, Assif Husain. (2019). Impact of Liquidity and Financial Leverage on Firm’s Profitability–an Empirical Analysis of The Textile Industry of Pakistan. Research Journal of Textile and Apparel, Vol.1, No.4, Desember,2019, Universitas Negeri Makassar. Sari, Martami., & Sedana, Panji. (2020). Profitability and Liquidity on Firm Value and Vapital Structure As Intervening Variable. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, Vol.7, No.1, 116-127, January, 2020, Udayana University. Sartono, (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE Seels, Steward., dan Richey, Nelson. (2015). Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. (Terjemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi Prawiradilaga & Raphael Rahardjo. IPTPI, Unit Percetakan UNJ. Setiaji, Bambang. (2016). Jalan Mudah ke Analisis Kuantitatif. Solo: Al-es’af Press. Setiaji, Nurcahyo. (2016). Pengaruh Rasio Intensitas Penelitian dan Pengembangan, Rasio Tingkat Pengembalian Ekuitas dan Rasio Pembayaran Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Journal: Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Diponegoro. Vol.1 No. 32. April, 2016, Universitas Diponegoro. Singh, Narinder Pal., & Bagga, Mahima. (2019). The Effect of Capital Structure on Profitability: An Empirical Panel Data Study. Jindal Journal of Business Research, Vol.8, No.1, 65-77. Maret, 2019, Institutional Area, Rohini, India. Stice, Earl K, James D Stice dan Fred Skousen. (2014). Intermediate Accounting. Alih Bahasa: Ali Akbar. Akuntansi Keuangan Jilid 1 Edisi 16. Salemba Empat, Jakarta. Sudana., I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung. Sujarweni, Vita Wiratna. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Sulistyanto, H.Sri. (2014). Manajemen Laba, Teori dan Metode Empiris. Jakarta : Grasindo. Sutiman, Natalia. (2017). EGFR Mutation Subtypes Influence Survival Outcomes Following First-Line Gefitinib Therapy in Advanced Asian NSCLC Patients. Journal of Thoracic Oncology, Vol.12, No.3, 529-538. Juli, 2017, University of Orlando. Tim Penyusun. (2020). Pedoman Penyusunan Skripsi, Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Violita, Resi Yanuesti., dan Sri Sulasmiyati. (2017). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013 – 2016). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.51, No.1, November, 2017, Universitas Brawijaya. Watung, Widiawati., & Ilat, Ventje. (2016). Pengaruh Return on Asset (Roa), Net Profit Margin (Npm), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Ha rga Saham Pad a Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.4, No.2, September, 2016, Universitas SAM Ratulangi, Manado. Wu, Bei., Chen, Jian Shiang., Chen, Mei Chiao., Liao, Wei Jen., & Chen, Tsi Hu. (2019). Influence of Capital Structure and Operational Risk on Profitability of Life Insurance Industry in Taiwan. Journal of Modelling in Management, Vol.9, No.3, Maret, 2019, Chaoyang University of Technology. Yudharma, Aditya Satya. (2016). Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan. Development Research of Management, Vol.11, No.2, Februari, 2016, Universitas Pelita Harapan. Zulfikar. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung. Website : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200826143550-85-539535/kinerjasejumlah- perusahaan-tambang-lesu-di-tengah-corona citation: Pratama, Muhammad Dika (2021) Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility,Biaya Promosi, Struktur Modal, Financial Leverage, Dan Biaya Research & Development Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21190/1/FEB_AKT_1702015030_%20Muhammad%20Dika%20Pratama.pdf