eprintid: 20880 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/08/80 datestamp: 2023-02-11 07:54:21 lastmod: 2023-02-11 07:54:21 status_changed: 2023-02-11 07:54:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syawalluddin, Syawalluddin title: Pengaruh Profitabilitas, Risiko Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, dimana variabel yang diteliti adalah profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel independen dan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diproleh sampel sebanyak 7 perusahaan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang dimana menelaah laporan keuangan yang di ambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari ke -7 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dan diproleh persamaan regresi linier berganda Y = 22,919 + 0,006 X1 + -0,033 X2 + -2,714 X3 + -0,001 X4, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi eteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi, maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linier Unbiased Estimator (BLUE). Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar -7,1%, menunjukkan bahwa hubungan antara variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dengan variabel Corporate Social Responsibility adalah cukup kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dapat dijelaskan -7,1%, variasi variabel Corporate Social Responsibility, sedangkan sisanya 92,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Pengujian hitopesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,866 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel tingkat risiko perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,371 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,280 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel pertumbuhan perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,929 > 0,050 Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang menjadi sampel dalam penelitian, untuk meningkatkan corporate social responsibility harus memperhatikan komposisi – komposisi dari profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dalam penelitian ini secara parsial tidak berpengaruh yang signifikan terhadap corporate social responsibility. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astri Puspitaningtyas. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Semarang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro. A.B. Susanto. (2015). Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan strategic management dalam CSR. Jakarta: Esensi Erlangga Group. Agus Sartono. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Apikasi, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE. Ashbough, H., Collin D., dan Laford R. (2016). Corporate Governance the Cost of Equity Capital. Working Paper, University of Lowa. Bambang Riyanto. (2015). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, edisi ke- 4.Yogyakarta: BPFE. Belkaoui, Ahmed. (2014). Accounting Theory: Teori akuntansi, Edisi ke-5. Jakarta: Salemba Empat. Brigham, Eugene F dan Daves, Philip R. (2015). Intermediate Financial Management, 8 th Edition. South-Western : Thomson. Busyra Azheri. (2014). Corporate Social Resposibility : dari voluntary menjadi mandatory.Jakarta : Rajawali Pers. Cahrles, T. Horngren dan Walter T. Harrison. (2015). Akuntansi Jilid I, Edisi ke- 7. Jakarta: Erlangga. Candrarin, Grahita. (2017). Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Salemba Empat. Dian Edi Sasongko. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Diclosure. Skripsi. Malang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Muhammadiyah. Edi Suharto. (2015). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : Refika Aditama. Ely Suhayati dan Sri Dewi Anggadini. (2016). Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Forma, F. (2018). Pengaruh Knierja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi. Garrison, H. Ray, Eric W. Noreen, dan Peter C. Brewer. (2014). Akuntansi Manajerial. Terjemahan : A. Totok Budisantoso. Jakarta : Salemba Empat. Harahap, Sofyan Syafri. (2014). Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hendri Orojali Zadeh dan Alireza Eskandari. (2014). Company Size As Corporate Characteristics and Level of Risk Disclosure: Review of Theory and Literature. In International Journal of Business and Social Knowledge Vol. 3 No.17. malaysia. International Business Student. University of Technology Malaysia. Ikatan Akuntan Indonesia. (2014). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK. Cetakan Ke-4, Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat. Istianingsih. (2015). Dampak Karakteristik Perusahaan Pada Pengungkapan CSR (bukti dari BEI). Jurnal Internasional Vol 13 no 6, 4265-4281. Kasmir. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana. Khoirunnisa, N. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dampakya terhadap Volume perdagangan Saham (studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2015). Jurnal akuntansi. Kustina, K. T. (2020). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Sensitivitas Industri, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan CSR di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Lobo, Y. P. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi. Munsaidah, S. (2016). Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan terhadap CSR. Jurnal Akuntansi. Mutmain, M. S. (2015). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap CSR Disclosure dan Implikasinya terhadap Earning per Share. Jurnal Akuntansi. Nor Hadi. (2014). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu. Nurul Kusuma Wardani. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Coorporate Sosial Responsibility Terdaftar di BEI. Skirpsi. Semarang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro. Nadhillah, D. Y. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Yang di Mediasi Kinerja Keuangan dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Okky Hendro Subiantoro. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Vol. 4 No. 9 Tahun 2015. Skripsi. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). O.T. Ebringa, E. Y. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas pada Pengungkapan Sosial Perusahaan (Sektor Minyak dan gas Nigeria dalam Fokus). Jurnal Internasional. Putri, R. A. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi. Reeve, James M., Carl S. Warren, dan Jonathan E. Duchac. (2016). Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat. Robbins, Stephen P dan Coulter, Mary. (2015). Manajemen, Edisi ke-10. Jakarta :erlangga. Sukmawati Safitri Dewi. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Sugianto, D. (2019). Kasus PT Adaro. Retrieved from Detik Finance: https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4611541/dituduh-gelapkanpajak- adaro-beberkan-setor-rp-10-t-ke-negara Theodorus M. Tuanakotta. (2015). Teori Akuntansi. Jakarta :LPFE UI. Tim Penyusun. (2010). Pedoman Penyusunan Laporan Magang. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Utama, A. R. (2016). Pengaruh Indikator Good Corporate Governance dan Profitabilitas pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi. Untung, Hendrik Budi. (2015). Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika. Weygandt, Jerry J., Kieso, Donald E dan Kimmel, Paul D.(2014). Accounting Principles : Pengantar Akutansi, Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Salemba. Wilangga, I. D. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Pengungkapan CSR. Jurnal Akuntansi, 161-164. Wibisono, Yusuf. (2014). Membedah Konsep & Aplikasi CSR Corporate Social Responsibility. Gresik: Fasco Publishing. Peraturan Perundang-undangan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang perseroan terbatas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 tentang penanaman modal. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 pasal 47 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan. citation: Syawalluddin, Syawalluddin (2021) Pengaruh Profitabilitas, Risiko Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20880/1/FEB_AKT_1702015012_%20Syawal%20Teins.pdf