%0 Thesis %9 Bachelor %A Fazriyanti, Fazriyanti %B FEB %D 2020 %F repository:20431 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %P 41 %T Pengaruh Capital Intensity, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019) %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20431/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh capital intensity, profitabilitas, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Capital Intensity (X1), Profitabilitas (X2), Corporate Social Responsibility (X3), dan Ukuran Perusahaan (X4). Populasi penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 10 (sepuluh) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan keuangan perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate tahun 2015-2019 melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linear berganda Ŷ = -0,757 + 0,526X1 + 0,096 X2 + 0,099X3 + 0,020X4. Hasil uji hipotesis (t) menunjukkan bahwa secara parsial capital intensity berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,599 > 0,050. Variabel corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,261 > 0,050. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,023 < 0,050. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan (F) variabel capital intensity, profitabilitas, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,050. Berdasarkan hasil analisis koefesien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,342%. Hal ini berarti setiap perubahan agresivitas pajak dijelaskan oleh variabel capital intensity, profitabilitas, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan sebesar 34,2% sedangkan sisanya 65,8% dijelaskan variabel lainnya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel perusahaan yang berbeda.