eprintid: 20405 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/04/05 datestamp: 2023-02-08 03:32:11 lastmod: 2023-02-08 03:32:11 status_changed: 2023-02-08 03:32:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurandiny, Listya title: Pengaruh Profitabilitas, Pajak, Exchange Rate, dan Leverage terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana oengaruh profitabilitas, pajak, exchange rate, dan leverage terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2019. Dalam penelitian ini digunakan metode ekspalnasi. Variabel dalam penelitian ini adalah profitabilitas (X1), pajak (X2), exchange rate (X3), leverage (X4), dan transfer pricing (Y). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sample yang digunakan adalah purposive smapling dan di peroleh 6 (enam) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan daya yang digunkan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan keuangan perusahan manufaktur sektor otomotif periode 2014-2019 melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisi deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linier berganda Ŷ =y0,012 + 0,615X1 + 0,027 X2 - 0,025X3 + 0,073 X4. Hasil uji hipotesisi (t) meunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing.dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,025. Variabel pajak secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing dengan tingkat signifikansi 0,009 > 0,025. Variabel exchange rate secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing dengan tingkat signifikansi 0,012 > 0,025. Variabel leverage berpengaruh positif signifikan terhadap transfer pricing dengan tingkat nilai signifikansi 0,001 < 0,025. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan (F) variabel profitabilitas, pajak, exchange rate, dan leverage berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap transfer pricing dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisi koefisien determinan dapat disimpulakn bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,909 atau 90,9%. Maka setiap perubahan transfer pricing dijelaskan oleh variabel profitabilitas, pajak, exchange rate, dan leverage sebesar 90,9% sedangkan sisanya sebesar 9.1% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengganti maupun menambahkan variabel bebas yang dapat mempengaruhi transfer pricing seperti pajak tangguhan, tuneling incentive, mekanisme bonus, debt convenat, ukuran perusahaan, bonus plan, kepemilikan asing, inovasi perusahaan, dan faktor lain yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan, atau menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel selain perusahaan otomotif date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alino, N. U., & Lane, S. (2015). A Conceptual Model of the Effects of Taxation, Exchange Rate,and Regulations on the Transfer Pricing Behaviorof Multinational Firm Managers. Journal of Comparative International Management. Andraeni, S. S. (2017). Pengarug Exchange Rate, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing”. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Andraeni, S. S. (2017). Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Perusahaan melakukan Transfer Pricing. Andraeni, S. S. (2017). Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer pricing Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2015. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatull. Ardana, M. A. (2019). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, EXCHANGE RATE, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Ardiyanti, D. (2017). engaruh Mekanisme Bonus, Tax Minimization, Exchange Rate Dan Multinationality Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah. Azzura , C. S., & Pratama, A. (2019). INFLUENCE OF TAXES, EXCHANGE RATE, PROFITABILITY, AND TUNNELING INCENTIVE ON COMPANY DECISIONS OF TRANSFERRING PRICING. JABI. Bava, F., & M, G. (2015). Revenues from Related Parties: A Risk Factor In The Italian Listed Company’s Financial Statements. International Conference “Corporate and Institutional Innovations in Finance and Governance”. Paris,. Cahyadi, A. S., & Naniek, N. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, Dan Leverage Pada. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Desriana. (2018). Transfer Pricing. Retrieved Descember 26, 2018. Ekananda, M. (2014). Ekonomi Internasional. Jakarta: Erlangga. Eling, S. P., & Abdullah, M. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS, PAJAK DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Afabeta. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang. Gunadi. (2014). Panduan Komprehensif Pajak Penghasilan. Jakarta. Hariani, D., & Darsono. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Report Lag (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahan Di Bursa Efek Indonesia)Journal Of Accounting Universitas Diponegoro. Harimuti, F. (2013). ASPEK PERPAJAKAN DALAM PRAKTIK. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Kewal, S. S. (2012). Pengaruh Inflasi, suku Bunga, Kurs, dan Pertumbuhan PDB terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.urnal Economia Vol 8, No 1 : 53-64. Kieso, D., Weygandt, J., & Terry D. , W. (2016). Intermediate Accounting IFRS Edition. Volume Pertama. United States of America. Kurniawan, A. M. (2015). Pajak Internasional Edisi Kedua. Jakarta:: Ghalia Indonesia. Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Andi. Marfuah , & Azizah, A. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan JAAI. Vol. 18 No. 2. Muljono. (2015). Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat. Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty. Patiku, & Sambo. (2015). Patiku dan Sambo. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Audit Report Lag Di Bursa Efek Indonesia. ASSETS, Volume 5, Nomor 1, Juni 2015: 44-55. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya. Pohan, C. A. (2014). Pembahasan Komprehensif Pengantar Perpaajakan Teori dan Konsep Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wacana Medis. Pratiwi, B. (2018). PENGARUH PAJAK, EXCHANGE RATE, TUNNELING INCENTIVE, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS. Putra, Y. K. (2019). PENGARUH PAJAK, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. PENGARUH PAJAK, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN MELAKUKAN TRANSFER UPN Veteran Yogyakarta. Rahayu, T. T., Wahyuningsih, E. M., & Wijayanti, A. (2020). PENGARUH BEBAN PAJAK, EXCHANGE RATE, TUNNELING INCENTIVE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING. JPENSI. Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus,Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau. Riau. Richardson, G., Taylor, G., & Lanis, R. (2013). Determinants of transfer pricing aggressiveness: Empirical. Journal of Contemporary. Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (edisi ke 4). Yogyakarta: BPFE. Scott, W. (2015). Financial Accounting Theory Sevent Edition. United States . Suady, E. (2014). Hukum Pajak. Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sumarsan, T. (2017). Perpajakan Indonesia: Pedoman Perpajakan Lengkap. Jakarta. Supriyono, R. (2016). Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta. Tim Penyusun. (2010). Pedoman Skripsi Mahasiswa. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. Wahyuni, M. (2014). Pengaruh CAR, FDR, NPF, BOPO, Inflasi, ROA dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Return Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada Bank Umum Syariah periode 2010-2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Waluyo. (2014). Perpajakan Indonesia. Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat. citation: Nurandiny, Listya (2020) Pengaruh Profitabilitas, Pajak, Exchange Rate, dan Leverage terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20405/1/FEB_AKT_1602015111_LISTYA%20NURANDINY.pdf