eprintid: 20311 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1568 dir: disk0/00/02/03/11 datestamp: 2023-02-07 03:46:26 lastmod: 2023-02-07 03:46:26 status_changed: 2023-02-07 03:46:26 type: article metadata_visibility: show creators_name: Marlina, Sri creators_name: Yanita Sari, Yessy creators_name: Syae Purrohman, Purnama creators_id: srimarlina57@gmail.com creators_id: yessy.syah@uhamka.ac.id creators_id: purnamasae@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0003-2469-9461 title: Evaluasi Program Mentoring Secara Daring dalam Menunjang Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: LB1501 divisions: sch_med abstract: Penerapan program mentoring biasanya berlangsung secara luring pada kelompok kecil namun karena wabah Covid-19 menyebabkan penerapan pendidikan karakter pada program mentoring harus dilangsungkan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program mentoring secara daring dalam menunjang implementasi pendidikan karakter di SDIT pada kelas-kelas awal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model evaluasi CIPP untuk mengetahui: Sejauh mana program mentoring pendidikan karakter sesuai dengan kebutuhan pendidikan peserta didik dengan menggunakan model Stufflebeam pada komponen konteks, input, proses, dan produk. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, perwakilan guru, perwakilan orang tua, peserta didik, dan pengurus JSIT Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: Pelaksanaan program mentoring sebagai implementasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan baik oleh semua komponen yang ada di lingkungan sekolah, baik itu pendidik maupun peserta didik dan didukung oleh lingkungan luar sekolah seperti orang tua, masyarakat dan media yang turut mendukung pelaksanaan pendidikan karakter, adapun kendala dalam pelaksanaan program mentoring sebagai implementasi pendidikan karakter secara daring adalah penggunaan teknologi yang saat ini memiliki efek kurang baik, yaitu game online, media sosial, dan tayangan televisi yang kurang mendidik. date: 2023-02-01 date_type: published publisher: Elementary Teacher Education Department, University of Pahlawan Tuanku Tambusai official_url: https://jbasic.org full_text_status: public publication: BASICEDU volume: 7 number: 1 pagerange: 621-630 refereed: TRUE issn: 2580-1147 citation: Marlina, Sri dan Yanita Sari, Yessy dan Syae Purrohman, Purnama (2023) Evaluasi Program Mentoring Secara Daring dalam Menunjang Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. BASICEDU, 7 (1). pp. 621-630. ISSN 2580-1147 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20311/1/Jurnal%20Sri%20Marlina.pdf