eprintid: 201 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 5 dir: disk0/00/00/02/01 datestamp: 2017-04-06 10:35:32 lastmod: 2017-04-17 12:12:40 status_changed: 2017-04-06 10:35:32 type: article metadata_visibility: show creators_name: Andi Sessu, Sessu creators_id: dr_andi_sessu@yahoo.com corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT SISWA KELAS X PM SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 15 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: HB divisions: sch_med abstract: Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian KKM sebalum tindakan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "melalui penggunaan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta". Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pada hasil belajar matematika sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 55,30 menjadi 56,97 lalu meningkat menjadi 80,68. Persentase pencapaian KKM dari 12,12% menjadi 27,27% lalu meningkat menjadi 84,84%. (2) hasil pengamatan aktifitas siswa di kelas meningkat dari 62,50% menjadi 83%. Hasil pengamatan aktifitas guru di kelas meningkat dari 61,10% menjadi 80,55%. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015 date: 2015-10 publisher: FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA full_text_status: public publication: Prosiding Seminar Pendidikan Matematika 2015, Etnomatematika Sebagai Pembangunan Karakter Bangsa volume: 1 refereed: TRUE issn: 2476-8698 citation: Andi Sessu, Sessu (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT SISWA KELAS X PM SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 15 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika 2015, Etnomatematika Sebagai Pembangunan Karakter Bangsa, 1. ISSN 2476-8698 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/201/1/Prosiding%20Seminar%20Nasional%20Matematika%202015.pdf