%A Sessu Andi Sessu %I FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA %L repository201 %J Prosiding Seminar Pendidikan Matematika 2015, Etnomatematika Sebagai Pembangunan Karakter Bangsa %X Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian KKM sebalum tindakan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "melalui penggunaan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta". Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pada hasil belajar matematika sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 55,30 menjadi 56,97 lalu meningkat menjadi 80,68. Persentase pencapaian KKM dari 12,12% menjadi 27,27% lalu meningkat menjadi 84,84%. (2) hasil pengamatan aktifitas siswa di kelas meningkat dari 62,50% menjadi 83%. Hasil pengamatan aktifitas guru di kelas meningkat dari 61,10% menjadi 80,55%. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015 %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT SISWA KELAS X PM SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 15 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 %V 1 %D 2015