@article{repository201, publisher = {FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA}, journal = {Prosiding Seminar Pendidikan Matematika 2015, Etnomatematika Sebagai Pembangunan Karakter Bangsa}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT SISWA KELAS X PM SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 15 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015}, volume = {1}, month = {October}, year = {2015}, issn = {2476-8698}, author = {Andi Sessu, Sessu}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/201/}, abstract = {Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian KKM sebalum tindakan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "melalui penggunaan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta". Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pada hasil belajar matematika sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 55,30 menjadi 56,97 lalu meningkat menjadi 80,68. Persentase pencapaian KKM dari 12,12\% menjadi 27,27\% lalu meningkat menjadi 84,84\%. (2) hasil pengamatan aktifitas siswa di kelas meningkat dari 62,50\% menjadi 83\%. Hasil pengamatan aktifitas guru di kelas meningkat dari 61,10\% menjadi 80,55\%. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier siswa kelas X PM semester ganjil SMK Negeri 15 Jakarta tahun ajaran 2014-2015} }