eprintid: 1963 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1703 dir: disk0/00/00/19/63 datestamp: 2020-08-18 14:28:39 lastmod: 2020-08-18 14:28:39 status_changed: 2020-08-18 14:28:39 type: other metadata_visibility: show creators_name: Rahmani, Bitadwi creators_name: Tanjung, Masnidar creators_name: Widodo, Burhayani creators_id: bitadwi@uhamka.ac.id title: Laporan Pengabdian Masyarakat:Pendampingan Pelatihan Bahasa Inggris bagi Supir Taksi Bluebird di Jakarta Selatan ispublished: unpub subjects: A subjects: AC divisions: fac_med abstract: Program kemitraan masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka merespon kendala berkomunikasi yang dihadapi oleh para supir taksi saat mendapatkan penumpang internasional. Sehingga program pendampingan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan , kompetensi dan percaya diri para supir taksi Blue Bird di wilayah Jakarta Selatan agar mampu berkomunikasi dengan tepat melalui program pendampingan pelatihan Bahasa Inggris. Pada awalnya program pendampingan pelatihan Bahasa inggris ini dirancang sedemikian rupa dengan mengenalkan jenis-jenis ungkapan sederhana saat membuka percakapan, percakapan inti, meminta dan memberi informasi. Selain itu, pelatihan pengucapan/ pronounciation yang benar akan kosakata Bahasa inggris pun menjadi fokus dalam program ini mengingat salah satu kendala berbahasa adalah pelafalan kata yang kurang tepat sehingga memicu kesalah pahaman akan makna yang disampaikan. Diawal pelaksanaan program dilakukan secara tatap muka dengan mengenalkan jenis-jenis ungkapan sederhana yang biasa digunakan untuk menunjang profesi supir taksi. Namun, dengan merebaknya virus Covid-19 ditengah proses pembelajaran berlangsung, maka system pembelajaran pun beralih ke daring melalui media kelas daring seperti Edmodo dan juga menggunakan platform video conference melalui Zoom. Pelaksanaan program ini dilakukan selama 5 kali pertemuan, pertemuan pertama untuk pre-test dan perkenalan, pertemuan ke-2 sampai ke-4 untuk kegiatan pelatihan, dan pertemuan ke-5 adalah untuk post test dan penutup. Adapun hasil pelatihan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan dalam berkomunikasi para supir taksi menjadi lebih fasih, lancar , benar pada saat berkomunikasi dengan penumpang internasional. Kata Kunci: Pelatihan Bahasa Inggris, Supir Taksi, komunikasi date: 2020-04-20 date_type: completed publisher: LPPMP Uhamka full_text_status: public referencetext: Asmani, Biduk,A., &Wijaya,C.K. 2015. Need Analysis for Taxi Drivers for Independent English Learning. Advanced Science Letters, volume 21, number 7, July 2015, pp. 2344-2347(4). American Scientific Publisher; dapat diakses di https://doi.org/10.1166/asl.2015.6271 . Pandarangga, S. 2015.The Transformation of English as A Global Language in the World. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol 10 No.2. eISSN : 2442-3823 , pISSN : 1693-4725. LPPM Uhamka,. 2018. Buku Panduan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat LPPM Uhamka. Suntoro., N. 2005. English for Taxi Drivers. Kesaint Blanc Publisher; NY. Thadphoothon, J. 2018. Factors Affecting Thai Taxi Drivers’ English Competence; International Journal of Education & Literacy Studies vol 6 issue 2, January 2018. ISSN: 2202-9478 dapat diakses di http://journals.aiac.org.au/index.php/IJELS/article/view/4438/3440. Thomas M. Duffy & Jamie R. Kirkley (2003), Learner-Centered Theory and Practice in Distance Education, Cases From Higher Education , Lawrence Erlbaum Associates Publishers, Mawah, New Jersey. https://busyteacher.org/16310-how-to-teach-esp-for-taxi-drivers.html https://www.englishclub.com/english-for-work/taxi-drivers.htm https://tfl.gov.uk/info-for/taxis-and-private-hire/english-language-requirement citation: Rahmani, Bitadwi dan Tanjung, Masnidar dan Widodo, Burhayani (2020) Laporan Pengabdian Masyarakat:Pendampingan Pelatihan Bahasa Inggris bagi Supir Taksi Bluebird di Jakarta Selatan. LPPMP Uhamka. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1963/1/Laporan%20revisi%20FINAL.pdf