eprintid: 18973 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/89/73 datestamp: 2023-02-01 06:50:21 lastmod: 2023-10-10 06:51:00 status_changed: 2023-02-01 06:50:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pintolowati, Diah Ayu title: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan Stie Pertiwi ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan pada STIE Pertiwi Bekasi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu memperoleh data dengan cara menyebar kuisioner kepada mahasiswa akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi Bekasi. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda , analisis akuntansi dan dilanjutkan dengan uji statistik uji t, uji F, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diolah menggunakan alat hitung statistik regresi berganda dengan SPSS versi 24.0. Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 0,350 + 0,44X1 + 0,449X2 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas terdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak terjadi autokorelasi baik positif maupun negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (X1) terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuagan (Y) thitung sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3,599 > 1,984) yang berarti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan. Sedangkan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap mahasiswa akuntansi dalam praktik laporan keuangan menunjukkan nilai thitung sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3,602 > 1,984) yang berarti bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan. Dari hasil uji F secara simultan bahwa nilai Fhitung 49,807 > Ftabel sebesar 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian bahwa kedua variabel yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan. Pengujian koefisien determinasi sebesar R Square 0,507 artinya 50,7% variabel perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual adalah sebesar 0,507% sedangkan sisanya 49,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model ini. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung : Alfabeta . Ahmad Kamaruddin. (2007). Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta : Raja Grafindo. Astria Pamela. (2014). Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan terhadap Perilaku Etis pada Mahasiswa akuntansi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta : Nuansa Aksara. Daniel Goleman. (2006). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional : Mengapa EQ lebih penting daripada IQ. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Daniel Goleman. (2007). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Dwijayanti, A. P. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional. Eka Indah T dan Sri Suryaningsum. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Surabaya : Simposium Nasional Akuntansi. Hansen dan Mowen. (2007). Akuntansi Manajemen. Jakarta : Salemba Empat. Harahap, Syafri Sofyan. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Persada. Hariwijaya. (2005). Tes Kecerdasan Emosional. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Henry R Mayer. (2008). Manajemen dengan Kecerdasan Emosional. Bandung : Nuansa Cendikia. Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat. Imam Ghozali. (2009). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Persada. Ludigdo dan Tikollah. (2006). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Padang : Simposium Nasional Akuntansi. Maya Nuraini. (2007). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Gresik : Jurnal Beta Vol.5 No.2. Melandy, Rissyo, Widiastuti, Fitri, dan Aziza, Nurna. (2007). Simkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Pendidikan Tinggi Akuntansi. Makasar : Simposium Nasional Akuntansi X Makassar. Munawir. (2007). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty. Rambat Lupiyoadi dan Ridho Bramulya Ikhsan. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta : Salemba Empat. Rissyo, Melandy dan Aziza Nurna. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Padang : Simposium Nasional Akuntansi IX . Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE. Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Soemarso. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku ke 2. Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alphabeta Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Sunar P, Dwi (2010). Tes IQ, EQ, SQ. Yogyakarta : Flashbooks. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka. Uma Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat. Vendy, Tri Leo. (2010). Briliant dalam Kehidupan Anda. Yogyakarta : Pohon Cahaya. Sumber lain : www.epsikologi.com www.wikipedia.id. www.aepmsnet.blogspot.co.id citation: Pintolowati, Diah Ayu (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan Stie Pertiwi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18973/1/FEB_AKT_1402027002_%20Diah%20Ayu%20Pintolowati.pdf