eprintid: 18379 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/01/83/79 datestamp: 2023-02-02 04:48:46 lastmod: 2023-02-02 04:48:46 status_changed: 2023-02-02 04:48:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Septiningsih Rizki creators_name: Priyanto, Priyanto creators_name: Islam, Zainul title: EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KECAMATAN GAMBIR ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menyelenggarakan upaya kesehatan. Pemberian pelayanan yang baik akan berdampak terhadap jumlah kunjungan pasien yang semakin meningkat. Untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Gambir, dilakukan penelitian dengan metode deskriptif dengan pendekatan Cross sectional, data diambil dengan memberikan kuesioner kepada 100 pasien BPJS yang menggunakan jasa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Gambir dengan secara acak atau Simple random sampling, data diolah dan dianalisis dengan Skala likert. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelayanan kefarmasian untuk peserta BPJS di Puskesmas Kecamatan Gambir sudah memberikan kepuasan kepada pasien dengan presentase untuk dimensi Jaminan 80,15%, Kehandalan 76,20%, Ketanggapan 83,05%, Fasilitas Berwujud 73,30% dan Empati 81,0%. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Gambir sudah puas dengan persentase 78,66%. Kata Kunci: pelayanan kefarmasian, BPJS, kepuasan pasien date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta. Hlm. 144 Assuari S. 2003. Customer Service Yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction. Dalam Usahawan, No 01, Tahun XXXII, Januari. Jakarta. Azwar A. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. Cet ke 1. Hlm. 51 Data Laporan Tahunan Puskesmas Kecamatan Gambir Jakarta Pusat tahun 2017. Departemen Kesehatan RI. 2004. Keputusan Mentri Kesehatan RI No 1027/ Menkes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotik. Jakarta: Departemen Kesehatan. Departemen Kesehatan RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.55/Menkes/per/IX/2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Dharma KK, 2011. Metodelogi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media. Hlm. 67 Effendi F, Makhfadli. Kesehatan komunitas Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba. Hlm. 45 Hariantono S. 2004. Penebusan Resep Oleh Pasien Rawat Jalan dan FaktorFaktor yang mempengaruhinya. Departemen Farmasi FMIPA-UI Litbangkes RI: Majalah Ilmu Kefarmasian vol 1 no3. Kementerian Kesehatan RI. 2014. Buku Saku FAK BPJS Kesehatan.Jakarta: Sekertariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Hlm. 11 Kementerian Kesehatan RI. 2015. Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan. Jakarta: Sekertariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Hlm. 4 Kotler P,Kevin LK. 2009. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Erlangga. Hlm. 145 Muninjaya, Gde.AA. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC. Hlm. 12 Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Hlm. 27 Ningrum. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kepuasan Kepuasan Pasien di Poliklinik THT Rumkital Dr.Ramelan Surabaya, Skripsi, Strikes HangTuah. Surabaya. Nooria W. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo, Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Notoatmodjo S. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Hlm. 188 Parasuraman. 1998. A., V.A, Zeithml, L.L., Berry., SERVQUAL : A multiple item scale for Meansuring Consumer Perception of Service Quality. Hlm. 111 Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 tahun 2014. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta. Pratiwi S. 2011. Kuesioner Tingkat Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Medan. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara. Pusparia LM. 2010. Analisis Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Dengan Minat Pasien Menebus Kembali Obat Di Instalasi Farmasi RSUD Budhi Asih, Skripsi. Depok. Ratminto, Septi WA. 2005. Manajemen Pelayanan Pengembangan konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm. 2 Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. Hlm. 74,79,85 Riyadi R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta. Sinambela LP. Reformasi Pelayanan Publik, (Teori, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 5 Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung : Tarsito. Hlm. 129 Syofian S. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hlm. 144,149,206,208 Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Hlm. 61,62,63 Tjiptono F, Gregorius C. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset. Hlm. 147 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang.Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sekretariat Negara. Jakarta. Umar H. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia. Hlm. 146 citation: Lestari, Septiningsih Rizki dan Priyanto, Priyanto dan Islam, Zainul (2018) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KECAMATAN GAMBIR. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18379/1/S03-190201%20%28Septiningsih%20Rizki%20Lestari%202018%29.pdf