TY - THES Y1 - 2018/// A1 - Ningrum, Ratu Ayu Septio A1 - Priyanto, Priyanto A1 - Zainul Islam, Zainul UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18193/ ID - repository18193 N2 - Kepuasaan pasien merupakan salah satu indikator utama dari standar fasilitas kesehatan. Kepuasaan akan terjadi apabila harapan dari pasien dapat terpenuhi oleh pelayanan yang diberikan rumah sakit. Akibat banyaknya jumlah pengunjung pasien yang meningkat dengan tingginya tuntutan dan harapan pasien BPJS terhadap pelayanan, sehingga diperlukannya evaluasi dalam pelayanan kefarmasian. Hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSAU dr. Esnawan Antariksa periode Agustus - September 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Kepuasan penelitian ini dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi farmasi RSAU dr. Esnawan Antariksa. Hasil penelitian menunjukkan untuk tingkat kepuasan pasien BPJS dengan kategori sangat puas sebanyak 33% dan kategori puas sebanyak 67%. Kata Kunci: Pelayanan Kefarmasian, BPJS, Kepuasan Pasien TI - EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA PERIODE AGUSTUS - SEPTEMBER 2018 M1 - bachelor AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ER -