eprintid: 18128 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/81/28 datestamp: 2023-01-21 06:54:37 lastmod: 2023-10-10 03:43:27 status_changed: 2023-01-21 06:54:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amin, Irsyad Ali title: Pengaruh Literasi Wakaf, Pendapatan dan Digital Marketing terhadap Keputusan Wakif Untuk Berwakaf Uang (Studi Kasus pada Wakif di Jakarta Timur) ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing terhhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang pada wakif di Jakarta Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan mettode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wakif yang pernah berwakaf uang, sampel pada penelitian ini adalah wakif berdomisili di Jakarta Timur yang pernah berwakaf, penelitian ini menggunakan metode analisis structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan menggunakan software smart partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Literasi wakaf berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang. Hasil analisis statistik deskriptif bahwasannya variabel Keputusan wakif dapat dijelaskan oleh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing sebesar 70% . Namun 30% sisanya dapat diterangkan oleh variabel lain di luar penelitian ini date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 25 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: al-san’ani, M. bin I. al-kahlani. (1950). subul al-salam. Cairo: Syirkah Maktabah Mustafa al-Babi al-Halabi. Andreou, P. C., & Anyfantaki, S. (2020). Financial literacy and its influence on internet banking behavior. European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.12.001 Ash-Shiddiqy, M. (2013). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Jarak Lokasi, Tingkat Pendidikan Dan Akses Informasi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Berwakaf Uang Di Badan Wakaf Uang/Tunai Mui Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi UIN Yogyakarta Tidak Diterbitkan, 1–97. Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Jakarta Timur dalam Angka. Kota Jakarta Timur Dalam Angka 2020, 1–348. Barus, K. (2020). jumlah penduduk muslim Indonesia Meningkat, PowerCommerce Asia tangkap peluang, Luncur Halal Plaza. Industry.Co.Id. Retrieved from https://www.industry.co.id/read/65748/jumlah-penduduk-muslim-indonesia-meningkat-powercommerce-asia-tangkap-peluang-luncurkan-halal-plaza Basyir, A. A. (1977). Hukum Islam tentang Wakaf, Ijarah dan Syirkah. Bandung: Al Maarif. Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/sasindo/article/view/2076/1652 Hamka. (2015). Tafsir al-azhar jilid 4. Jakarta: gema insani. Hasbi, M. (2021). the Urgency of Education and Literacy of Waqf. 2, 297–305. Hayati, A. K., Senjati, I. H., & ... (2020). Pengaruh Literasi terhadap Minat Wali Santri Kuttab Al-Fatih Bandung Berwakaf melalui Uang. … Hukum Ekonomi Syariah, 455–460. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22204 Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. Retrieved from http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136 Hudzaifah, A. (2019). Factors Influencing Willingness To Contribute In Cash Waqf: Case Of South Tangerang, Indonesia. Kitabah, 3(1), 1–18. Husniyah, P. Z. (2019). Literasi wakaf pada masyarakat untuk memunculkan minat berwakaf. Program Studi Manajemen Zakat Dan Wakaf, 88. Indonesia, B. W. (2019). Data Wakaf. Retrieved from https://www.bwi.go.id/data-wakaf/ Iskandar. (2017). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin. Samudra Ekonomika, 1(2), 2. Khaeriyah, N. (2019). Pengaruh Literasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Berwakaf Uang Di Kota Semarang Skripsi. Skripsi. Latief, H. (2010). Melayani Umat : Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis. Jakarta: Gramedia. Maiti, & Bidinger. (2020). Tabayyun Terhadap Berita Ditinjau Dari Al-Quran Dan Kode Etik Jurnalistik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 34. Melović, B., Jocović, M., Dabić, M., Vulić, T. B., & Dudic, B. (2020). The impact of digital transformation and digital marketing on the brand promotion, positioning and electronic business in Montenegro. Technology in Society, 63, 101425. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101425 Nurudin, O. M., & Ag, M. (2015). Memahami Hadis Wakaf Dalam Konstalasi Masyarakat Global. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(1), 133–157. Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Mulyono, L. E. H. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(3), 258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448 Rajuli, A. D., Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2020). Studi Analisis Ayat-Ayat Wakaf Dalam Tafsir Al-Azhar. … : Jurnal Ekonomi Islam, 7308, 61–76. Retrieved from http://150.107.142.43/index.php/Kasaba/article/view/3399 Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.144 Sulistianti, A., Fauziah, N. E., & ... (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Polis Asuransi. … Hukum Ekonomi Syariah, 288–290. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22090 Sunu, D. (2021). Investment Decisions : The Results of Knowledge ,. 4(1), 100– 112. https://doi.org/10.31014/aior.1992.04.01.324 Syariah, P., Penghambat, F., Pendukung, F., & Marketing, D. (2021). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X Halaman 124-138. 4, 124–138. UU RI. (2004). Wakaf. (1), 1–40. Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006 citation: Amin, Irsyad Ali (2021) Pengaruh Literasi Wakaf, Pendapatan dan Digital Marketing terhadap Keputusan Wakif Untuk Berwakaf Uang (Studi Kasus pada Wakif di Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18128/1/FEB_EKIS_1702055056_%20Irsyad%20Ali%20Amin.pdf