eprintid: 18126 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/81/26 datestamp: 2023-01-21 06:38:55 lastmod: 2023-10-10 03:39:21 status_changed: 2023-01-21 06:38:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anis, Yola title: Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Social Marketing, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Membayar Zis Online di Dompet Dhuafa ispublished: pub subjects: HJ divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pendapatan, social marketing, dan kepercayaan terhadap keputusan membayar ZIS online di Dompet Dhuafa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan eksplanatoris. Metode ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel religiusitas nilai signifikan sebesar 0,867 dan t hitung 0,168, variabel pendapatan nilai signifikansi sebesar 0,604 dan t hitung 0,519, variabel social marketing nilai signifikansi sebesar 0,039 dan t hitung 2,078, variabel kepercayaan nilai signfikansi sebesar 0,000 dan t hitung 8,340. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar ZIS online di Dompet Dhuafa. Sedangkan variabel social marketing dan kepercayaan berpengaruh positif dan signfikan. Selain itu, hasil hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel religiusitas , pendapatan, social marketing, dan kepercayaan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap keputusan membayar ZIS Online dengan nilai Fhitung > Ftabel (67.345 > 2,67) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Peneliti berharap kepercayaan masyarakat terhadap pengelola ZIS perlu ditingkatkan agar masyarakat berkomitmen membayar ZISnya melalui lembaga zakat, khususnya melalui Dompet Dhuafa . Dalam hal ini Dompet Dhuafa perlu melakukan sosialisasi yang lebih baik lagi, sehingga masyarakat lebih tertarik lagi untuk membayar ZIS di Dompet Dhuafa. Selain itu pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilanjutkan dengan objek dan sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memperkaya kajian tentang ekonomi islam. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 33 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ajzen. (1991). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Andreassen, A. R. (n.d.). Social marketing:its definition and domain.Journal of Public Policy & Marketing,13(1),108-114. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aristiana, M. (2019). THE Factors that Influence People Interest in Using a Digital Platform as a ZIS Payment (Case Study Go-Pay). International Conference of Zakat, 2017, 50–59. https://doi.org/10.37706/iconz.2019.156 Asafri, J. (1996). , Konsep Maqashid al-Syari’ah Menurut al-Syathibi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,. Avisena,Ramadhan.2020.Ekonomi.Januari30.https://mediaindonesia.com/read/ detail/286776-kelas-menengahberkontribusi-besar-pada-pertumbuhan-ekonomi. Aziz, A. F. (2017). Analisis Istinbat Hukum Akad Perkawinan Melalui Media Elektronik Dalam Perspektif Hukum Islam. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman102-117., 102–117. Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 94–108. https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1835 Budiyono, Putri, S. A. R., & Tho’in, M. (2019). Effect of Income Rate, Education, Religiosity to Muzakki Interest to Pay Zakat; Case Study of National Amil Zakat Board Central Java. 101(Iconies 2018), 406–409. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.78 Butyendijk, F. (2009). Trust, Relationship and Performance. Journal Management Excellent: Creating Value Issue. The Article Performance Leadership. P.2. Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://donasi.dompetdhuafa.org/. (n.d.). Ilmi, Makhalul. (2002). Teori Dan Praktik LembagaMikro Keuangan syariah,. UII Press. Indrawijaya, S. (2016). Peran Kampanye Social Marketing Terhadap Keputusan Masyarakat Untuk Membayar Zakat Melalui Lemabaga Amil Zakat. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5, 130–138. Isnaini, Y. (2018). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Tingkat Keimanan dan Kepercayaan Terhadap Motivasi Muzakki Profesi (Studi Kasus di Rumah Zakat Cabang Semarang). Skripsi. Ivalaili. (2018). Religiusitas dan Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Kepatuhan dalam Berzakat. Al-Urban, 2(1), 32–42. https://doi.org/10.22236/alurban Jayanto, P. Y., & Munawaroh, S. (2019). The Influences of Reputation, Financial Statement Transparency, Accountability, Religiosity, and Trust on Interest in Paying Zakat of Profession. Jurnal Dinamika Akuntans, 11(1), 59–69. Kementrian Agama. (2016). Kementrian Agama (2016). Undang-undang No.239 Tahun 2016 tentang Pemberian izin kepada YAYASAN DOMPET DHUAFA sebagai lembaga amil zakat skala nasional.Kemenag. Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., Rini, N., Indonesia, U., & Yarsi, U. (2020). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 6 ( 02 ), 2020 , 284-293 Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. 6(02), 284–293. Kotler, P. (2007). ManajemenPemasaran, Jilid I, Edisi 10,. PT.Perbalindo. Kotler, P. (2009). Strategic Marketing ForNonProfit Organizations 6th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. Larasati, S. A. E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Rendahnya Minat Masyarakat Muslim Berzakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Studi Kasus Masyarakat Desa Sisumut). Skripsi. Mehta, C. R. and N. R. P. (2012). IBM SPSS Exact Tests. Cytel Software Corporation and Harvard School of Public Health Cambridge, Massachusetts. Mirawati, D., Malik, Z. A., & Ibrahim, M. A. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Membayar Zakat Profesi Karyawan RSUD Tanjungpandan Belitung. Hukum Ekonomi Syariah, 4(No. 2), 574–581. Muawanah, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Lembaga Terhadap Minat Donatur Membayar Zis (Zakat, Infaq dan Shadaqah) di Lembaga Amil Zakat Ummul Quro (Laz-Uq) Jombang. Journal of Business and Innovation Management, Volume 1 N, 111–127. Mucharam, N. dan. (2002). Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islam. Meanara Kudus. Mufitasari, H. (2019). Pengaruh religiusitas muslim, citra lembaga dan pendapatan terhadap minat membayar zakat, infak Dan shodaqoh pada LAZISNU Wiradesa (Doctoral dissertation, IAIN PEKALONGAN). Mukhibad, H., Fachrurrozie, F., & Nurkhin, A. (2019). Determinants of the Intention of Muzakki To Pay Professional Zakat. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 8(1), 45–67. https://doi.org/10.22373/share.v8i1.4573 Mulyana, A., Mintarti, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pemahaman dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kaltim Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM). Muslih, F., & Noor, I. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS DAN KREDIBILITAS, DAN TRANSPARANSI TERHADAP PREFERENSI MUZAKI DALAM MEMILIH MEMBAYAR ZAKAT MAAL MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT (Analisis pada Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi). Jurnal Ilmiah. Nasim, A., Romdhon, & Rizqi Syahri, M. (2014). Pengaruh transparansi laporan keuangan, pengelolaan zakat, dan sikap pengelola terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol 2. No. Nasution, E. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(2), 147–158. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i2.1797 Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Terhadap Ketaatan Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS (Studi di Masyarakat Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung). Skripsi. Rahma, M., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). INTENSI PERILAKU DAN RELIGIUSITAS GENERASI MILLENIALS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZIS MELALUI PLATFORM DIGITAL, 7. Ramadhan, Abid, Akuntansi, P. S., & Palopo, U. M. (n.d.). Pengaruh Pemahaman , Trust , Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. 1–15. Reksoprayitno. (2006). Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. Bina Grafika. Ridlwan, A. A., & Sukmana, R. (2018). The Determinant Factors of Motivation to Pay Zakat in Regional Amil Zakat Agency of East Java. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 25(2), 334. https://doi.org/10.19105/karsa.v25i2.1398 Sanusi, M. (2009). The Power of Sedekah. Pustaka Insan Madani. Sari, A. P. (2019). Pengaruh Brand Dan, Kualitas Proyek Terhadap, Kepercayaan Berdonasi, Keputusan Pada, Online Crowdfunding, Platform Com, Kitabisa. Univ. Islam Negeri Sumatera Utara 104. Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1(4), 308–315. Sedjati, D. P., Basri, Y. Z., & Hasanah, U. (2018). Analysis of Factors Affecting the Payment of Zakat in Special Capital Region (DKI) of Jakarta. International Journal of Islamic Business & Management, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.46281/ijibm.v2i1.50 Sidiq, H. A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kepercayaan Kepada Organisasi Pengelola Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat : (Studi Kasus Terhadap Muzakki di Fakultas Agama Islam dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Un. Naskah Publikasi. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Alfabeta. Sukirno, S. (1995). Pengantar Teori Mikro Ekonomi.Yogyakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Syafira, F. N., Ratnasari, R. T., & Ismail, S. (2020). the Effect of Religiosity and Trust on Intention To Pay in Ziswaf Collection Through Digital Payments. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 6(1), 98. https://doi.org/10.20473/jebis.v6i1.17293. Tamimah. (2020). Compliance Determinant Of Paying Zakat Maal.Http: //Www.Journal.Iaincurup.Ac.Id/Index/Alfalah.DOI:10.29240/Alfalah.V5i2.1228. Thoin, M., & Marimin, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendapatan , Tingkat Pendidikan , dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. 5(03), 225–230. Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. PT.Grafindo Persada. Jakarta. Yuningsih, A., Abdillah, & Nasution, M. (2015). Pengaruh Faktor Pendapatan, Pengetahuan Zakat Dan Kredibilitas Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Lembaga Pengelola Zakat (Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi). Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1(4), 308–315. Yusrizal, Ghafur, A., & Sabri, H. (2017). Pengaruh Marketing Sosial dan Optimisme Amil Zakat Terhadap Optimalisasi Fundraising Dana Zakat (Study on Amil Zakat Agency of Tangerang Selatan). Batusangkar International Conference citation: Anis, Yola (2021) Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Social Marketing, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Membayar Zis Online di Dompet Dhuafa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18126/1/FEB_EKIS_1702055036_%20Yola%20Anis.pdf