eprintid: 18117 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/81/17 datestamp: 2023-01-20 08:11:49 lastmod: 2023-10-10 03:29:30 status_changed: 2023-01-20 08:11:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadanti, Dhea Putri title: Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia ispublished: pub subjects: H1 divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang pernah menginap dan masyarakat yang mengetahui tentang Sofyan Hotel Cut Meutia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden dan yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah menginap dan mengetahui tentang Sofyan Hotel Cut Meutia. Data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (2,872 > 1,98761). Dan penerapan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (5,572 > 1,98761). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas yaitu etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Penerapan etika bisnis Islam pada Sofyan Hotel Cut Meutia mampu menciptakan rasa puas dibenak pelanggan. Artinya bahwa semakin baik etika bisnis Islam yang diterapkan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan yang dirasakan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Dan, kualitas pelayanan yang diberikan oleh Sofyan Hotel Cut Meutia sudah baik dan mampu menciptakan kepuasan pada pelanggan. Artinya bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diterapkan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan yang dirasakan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 36 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arista, O. E. (2015). Pengaruh Persepsi atas Corporate Social Responsibility terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Survey pada Hotel Bintang V di Yogyakarta). Skripsi. Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Bakhri, S., Leliya., & Purnama, L. (2018). Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Home Industri Tahu Sari Rasa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 2, 285-299. Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19, 150–154. David Stewart, Business Ethics (New York: The Mc Grow Hill Companies Inc, 1996), 47. Gera, et. al. (2017). Evaluating the Effects of Service Quality, Customer Satisfaction, and Service Value on Behavioral Intentions with Life Insurance Customers in India. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 8. Hafizi, M. R., & Rimbodo, D. S. (2019). Pengelolaan Bisnis Perhotelan Syariah. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 5, 52-66. Hamdani, I., Hakiem, H., & Firdawati. Etika Bisnis Islam dan Tingkat Religiusitas Visitor terhadap Keputusan dalam Memilih Hotel Syariah “Sofyan Hotel Betawi”. Hashim, M. (2012). Islamic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islamic Business Ethics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2, 98-120. Hastuti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Service terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Dafam Rohan Syariah. Jurnal Ekobis Dewantara, 2, 35-48. Huda, N., Zulihar., & Rini, N. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Muslim Memilih Hotel Syariah. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2, 490-511. Husein, U. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. Ismaeel, M., & Blaim, K. (2012). Toward applied Islamic business ethics: responsible halal business. Journal of Management Development, 31, 1090-1100. Izogo, E. E., & Ogba, I. (2015). Service quality, customer satisfaction and loyalty in automobile repair services sector. International Journal of Quality & Reliability Management, 32, 250-269. Kishada, Z. M. E., & Wahab, N. A. (2015). Influence of Customer Satisfaction, Service Quality, and Trust on Customer Loyalty in Malaysian Islamic Banking. International Journal of Business and Social Science, 6, 110-119. Leninkumar, V. (2017). The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7, 450-465. Maulidya, R. N., Kosim, A. M., & Devi, A. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Syariah di Bogor. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 11, 221-240. Muhammad Djakfar, Etika Bisnis dalam Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi, (Jakarta: Penebar Plus, 2012), hlm. 34-41. Muhammad Djakfar, Etika Bisnis Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2008), hlm. 84-85. Muhammad, et. al. (2020). The Concept of Business Ethics in Islamic Perspective: An Introductory Study of Small and Medium Enterprises (SMEs). Entrepreneurship Vision 2020: Innovation, Development Sustainability, and Economic Growth, 1021-1032. Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3, 26-38. Nerdin., & Ratnawati, A. (2015). Tingkat Customer Loyality Berbasis Islamic Business Ethic Dan Brand Image. UNISSULA, 2, 382–391. Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Terhadap Pelanggan (Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6, 1-9. 101 Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11, 265-289. Pitriani, D., Ibdalsyah., & Hilman, H. (2020). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Manajemen Pelayanan di Sofyan Hotel Betawi Syariah Menteng terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13, 29-41. Pratiwi, E. K. (2017). Analisis Manajemen Hotel Adilla Syariah Yogyakarta (Tinjauan Fatwa DSN MUI No: 108/DSN-MUI/X/2016). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, XII, 75-90. Puspitasari, I. (2019). Analisis Praktik Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus Pasar Leuwiliang). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3, 40-51. Putit. et. al. (2016). Linking ‘Halal’ Friendly Hotel Attributes and Customer Satisfaction: The Islamic Tourism Sector. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 4, 43-53. Polancik, G. (2009). Empirical Research Method Poster. Rachmarwi, W. (2016). Evaluasi Strategi Bersaing Dalam Industri Hotel Studi Pada Sofyan Hotel Betawi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4. Rahardi, N., & Wiliasih, R. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen terhadap Hotel Syariah, Jurnal Syarikah, 2, 180-192. Ranjbarian, B., Sanayei, A., & Kaboli, M, R. (2012). An Analysis of Brand Image, Perceived Quality, Customer Satisfaction and Re-purchase Intention in Iranian Department Stores. International Journal of Business and Management, 7, 40-48. Salma, F. S., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas di Surabaya. Jestt, 2, 322-339. Setyaningriani, E. D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Penumpang Shuttle PO. Sumber Alam Jurusan Semarang-Cilacap). Diponegoro Journal of Social and Politic Science. Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 12, 15-25. Sofyan Hotel. (2018). Sejarah Sofyan Hotel. http://sofyanhotel.co.id/sejarah/. Diakses 31 Januari 2021. Sulistyawati, N. M. A., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4, 2318-2332. Sumadi. (2017). Peran Manajemen Syariah terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Islam di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 03, 112-124. Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50, 27-36. Syahril, M. (2015). Pengaruh Pelayanan Karyawan dan Fasilitas yang Diberikan Hotel terhadap Minat Pengunjung untuk Menginap (Studi Kasus Pada Hotel Semesta Semarang). Skripsi. Thungasal, C. E., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kasuari. Agora, 7. Tiakoly, K., Wahab, A., & Syaharuddin. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama. Jurnal Iqtisaduna, 5, 102-123. Verinita., & Irza. F. R. (2018). Analisis Persepsi Konsumen terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia-Compliant Hotel) di Hotel Bunda Padang. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (Minds), 5, 163-172. Winarno, S. H. (2019). Determinan Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Hotel Syariah di Jakarta (Studi Pada Sofyan Hotel Betawi. Jurnal Konsep Bisnis dan Managemen, 6, 80-93. https://tafsir.learn-quran.co/id/surat-9-at-taubah/ayat-59. Diakses pada hari Minggu, 7 Februari 2021, pkl, 14.00 wib. citation: Ramadanti, Dhea Putri (2021) Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18117/1/FEB_EKIS_1702055021_%20Dhea%20Putri%20Ramadantii.pdf