eprintid: 18098 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/80/98 datestamp: 2023-01-20 02:21:58 lastmod: 2023-10-10 03:15:17 status_changed: 2023-01-20 02:21:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuryani, Alvi title: Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, Pendapatan dan Persepsi Risiko Investasi terhadap Minat Millenials Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah ispublished: pub subjects: HD61 divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana hubungan antara faktor tingkat pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi risiko investasi yang dapat mempengaruhi minat millenials untuk berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, melalui pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner secara tertutup melalui google form kepada 215 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing dari keempat variabel bebas yaitu pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi risiko berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap minat investasi millenials di Pasar Modal Syariah, dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 (nilai sig. < α). Selanjutnya, variabel bebas yaitu pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi risiko secara bersamaan (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat investasi millenials di Pasar Modal Syariah, dengan pembuktian nilai f hitung sebesar 75,062 > f tabel (2,4146). Selain itu, dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,581 atau 58,1% variasi dari variabel bebas memberikan informasi yang dapat menjelaskan variasi dari variabel terikat (minat investasi), sedangkan sisanya 41,9% dijelaskan oleh sebab lainnya date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahsan, D. A. (2011). Farmers’ Motivations, Risk Perceptions and Risk Management Strategies in a Developing Economy: Bangladesh Experience. Journal of Risk Research, 14(3), 325–349. https://doi.org/10.1080/13669877.2010.541558 Akhlaq, A., & Ahmed, E. (2013). The Effect of Motivation on Trust in The Acceptance of Internet Banking in a Low Income Country. International Journal of Bank Marketing, 31(2), 115–125. https://doi.org/10.1108/02652321311298690 Al Umar, A. U. A., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan, dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 129–138. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1367 Alquraan, T., Alqisie, A., & Al Shorafa, A. (2016). Do Behavioral Finance Factors Influence Stock Investment Decisions of Individual Investors? (Evidences from Saudi Stock Market). American International Journal of Contemporary Research, 6(3), 159–169. https://pdfs.semanticscholar.org/7c15/b9c6445caa8844e41df105a649a9fcf52 26b.pdf Aren, S., & Zengin, A. N. (2016). Influence of Financial Literacy and Risk Perception on Choice of Investment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 235, 656–663. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.11.047 Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada. Astuti, D., Ginting, P., Sadalia, I., & Silalahi, A. S. (2018). The Influence of Financial Education and Promotion towards Risk Perception of Students as Investors at University Investment Gallery. Academic Journal of Economic Studies, 4(2), 51–60. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ Azizah, M. (2016). Pengaruh Pendapatan dan Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Nasabah Investasi Emas di BSM KC Warung Buncit [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Repository. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42282 Azizah, N. A. (2015). Pengaruh Marketing Mix dan Kemampuan Finasial Terhadap Minat Investasi Reksadana Syariah (Studi Pada UIN Jakarta dan TAZKIA Bogor) [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Repository. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/30736/1/Nur Aisyah Azizah - FSH.pdf Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: Refika Aditama. Barber, B. M., & Odean, T. (2013). The Behavior of Individual Investors. In Handbook of the Economics of Finance (Vol. 2, Issue PB). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/B978-0-44-459406-8.00022-6 Bergin, D. A. (2016). Social Influences on Interest. Educational Psychologist, 51(1), 7–22. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1133306 Djazuli, A. (2019). Kaidah-Kaidah Fikih. Jakarta: Prenada Media. https://prenadamedia.comproduct/kaidah-kaidah-fiqh/ Forbes, J., & Kara, S. M. (2010). Confidence Mediates How Investment Knowledge Influences Investing Self-Efficacy. Journal of Economic Psychology, 31(3), 435–443. https://doi.org/10.1016/j.joep.2010.01.012 Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadar, L., Sood, S., & Fox, C. R. (2013). Subjective Knowledge in Consumer Financial Decisions. Journal of Marketing Research, 50(3), 303–316. https://doi.org/10.1509/jmr.10.0518 Halim, A. (2015). Analisis Investasi di Aset Keuangan. Bogor: Mitra Wacana Media. Hamdani, I. A. (2017). Pengaruh Beta dan Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2012- 2015 [Mercubuana Yogyakarta]. In Eprints. http://eprints.mercubuanayogya. ac.id/id/eprint/234 Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 3(2), 220–227. https://doi.org/10.1177/2372732216655542 Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Hidayat, W. W. (2019). Konsep Dasar Investasi dan Pasar Modal. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal Account, 423–433. https://akuntansi.pnj.ac.id/upload/artikel/files/SabarWaarsiniJuni2016.pdf Larson, L. R. L., Eastman, J. K., & Bock, D. E. (2016). A Multi-Method Exploration of The Relationship Between Knowledge and Risk: The Impact on Millennials Retirement Investment Decisions. Journal of Marketing Theory and Practice, 24(1), 72–90. https://doi.org/10.1080/10696679.2016.1089765 Latifah, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Modal Minimal dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Galeri Investasi Syari’ah UMP) [IAIN Purwokerto]. In Repository. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5030/ Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 61–84. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693 Manan, A. (2015). Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi di Pasar Modal Syariah. Jakarta: Prenada Media. Maralis, R., & Triyono, A. (2019). Manajemen Risiko. Yogyakarta: Dee Publish. Martani, D., & dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat. Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/download/16825/11092 Mulyana, M., Hidayat, L., & Puspitasari, R. (2019). Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 3(1), 31–52. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i1.213 Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nwankwo, S., Hamelin, N., & Khaled, M. (2014). Consumer Values, Motivation and Purchase Intention for Luxury Goods. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(5), 735–744. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.05.003 Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Tentang Syariah. Pasar Modal Syariah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/pasar-modalsyariah. aspx Otoritas Jasa Keuangan, Direktorat Pasar Modal Syariah. (2018). Mengenal Pasar Modal Syariah. Pasar Modal Syariah, 1–70. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentangsyariah/ Documents/pages/pasar-modal-syariah/brosur dpms 18.pdf Otoritas Jasa Keuangan, Direktorat Pasar Modal Syariah. (2019). Roadmap Pasar Modal Syariah 2015–2019. Otoritas Jasa Keuangan, 1–103. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dankegiatan/ publikasi/Pages/Roadmap-Pasar-Modal-Syariah-2015-2019.aspx Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita, 1, 1–16. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/profita/article/view/9628 Pardjo, Y. (2017). Manajemen Risiko Perusahaan. Jakarta: Growing Publishing. Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Purboyo, Zulfikar, R., & Wicaksono, T. (2019). Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Resiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi pada Mahasiswa Uniska MAB Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(2), 136–150. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/34/ Santoso, S. (2017). Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 178–190. http://jurnal.uniyap.ac.id/index.php/future/article/download/406/392 Saputri, D. (2020). Pengaruh Resesi Indonesia Investor Domestik di Pasar Modal Syariah. Academia, 13190276, 1–19. https://www.academia.edu/download/65422921/Pengaruh_Resesi_Indonesia _Terhadap_Minat_Beli_Investor_Domestik_di_Pasar_Modal_Syariah.pdf Sekścińska, K., Maison, D. A., & Trzcińska, A. (2016). How People’s Motivational System and Situational Motivation Influence Their Risky Financial Choices. Frontiers in Psychology, 7(AUG), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01360 Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mmempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sodikin, S. S., & Riyono, B. A. (2014). Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Soemitra, A. (2014). Masa Depan Pasar Modal Syariah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta. Syaifullah, M., & Aprianti, M. (2019). The Effect of Self Motivation Become an Investors in Sharia Capital Markets. Ictact Journal on Management Studies, 5(1), 947–953. https://doi.org/10.21917/ijms.2019.0130 Tandio, T., & Widanaputra, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 16(3), 2316–2341. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/download/21199/15415 Winardi. (2016). Kepemmpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta. citation: Nuryani, Alvi (2020) Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, Pendapatan dan Persepsi Risiko Investasi terhadap Minat Millenials Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18098/1/FEB_EKIS_1602055024_Alvi%20Nuryani.pdf