eprintid: 18094 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/80/94 datestamp: 2023-01-19 09:24:30 lastmod: 2023-10-10 03:09:25 status_changed: 2023-01-19 09:24:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Refmasita, Ayu Nur title: Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk Obat terhadap Minat Beli Obat pada Mahasiswa Feb Uhamka ispublished: pub subjects: HF divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi alasan minat beli (seperti label Halal, dan kualitas produk) obat pada mahasiswa FEB UHAMKA. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Label Halal (X1), Kualitas Produk (X2), terhadap Minat Beli Obat (Y). Populasinya adalah mahasiswa FEB UHAMKA yang pernah melakukan transaksi pembelian obat. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistics Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji ketetapan model. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel label halal dan kualitas produk berpengaruh signifkan terhadap minat beli obat pada Mahasiswa FEB UHAMKA. Mahasiswa FEB UHAMKA menganggap bahwa label Halal dan kualitas produk menjadi faktor yang diperhatikan ketika memilih obat-obatan yang akan dibeli. Mereka memilih obat yang sudah memiliki label Halal dan kualitas yang bagus karena menurut mereka hal tersebut menjadi jaminan obat yang digunakan tentunya aman dan baik untuk dikonsumsi.Secara simultan, semua variable label Halal (X1), dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variable dependent yaitu minat beli obat. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 33 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alzeer, J., & Abou Hadeed, K. (2020). Halal Certification of Food, Nutraceuticals, and Pharmaceuticals in the Arab World. Handbook of Healthcare in the Arab World. Springer, Cham. Ambarwati, D. (2018). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dari Produk Obat Tanpa Label Halal (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER). Ashari, (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Dic Jeans. Bandung : Universitas Telkom. Atif, M., Saleem, F., Masood, I., Sarrif, A., & Sadeeqa, S. (2013). Knowledge, Attitude and Perception (KAP) Regarding Halal Pharmaceuticals Among General Public in Penang State of Malaysia. International Journal of Public Health Science, 2(4), 7166. Aziz, N. A., Ramli, N., & Amin, N. (2018). Request for Halal Pharmaceutical Information: Duty of Physician and Pharmacist. In Proceedings of the 3rd International Halal Conference (INHAC 2016) (pp. 201-210). Springer, Singapore. Desmayonda, A., & Trenggana, A. F. M. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 180-196. Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69. FARIHAH, O. (2015). UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK YANG MENCANTUMKAN LABEL HALAL ATAU HARAM (Studi Kasus Konsumen Di Kabupaten Cirebon) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Hijriawati, M., Putriana, N. A., & Husni, P. (2018). Upaya Farmasis Dalam Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Farmaka, 16(1), 127-132. Kumalasari, R. (2019). pengaruh harga dan label Halal terhadap minat pembelian produk kosmetik herbal penawar alwahida indonesia (hpai)(studi kasus di pondok pesantren al-barokah ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Larasati, A., Hati, S. R. H., & Safira, A. (2018). Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim untuk Membeli Produk Kosmetik Halal. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 105-114. Lieutenant Colonel Nur Hidayah Abd Rahim, Major Noorizan A. Aziz, Colonel Mohd Adlan Adnan & Brigadier General A Halim Basari. (2018) Assessment of Knowledge, Attitude and Practice towards Halal Pharmaceuticals among Patients in Tuanku Mizan Armed Forces Hospital Lisani, Nurul. (2018). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Produk-Produk Konsumsi Terhadap Preferensi Konsumsi Pada Mahasiswa Muslim FEB USU Moleong, J. Lexi. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Nugraha, R. (2017). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). Nugraha, R. (2017). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). Pandensolang, J. D., & Tawas, H. N. (2015). Pengaruh diferensiasi, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3). PANGESTU, Sari Dwi; ATMADJA, Ida Bagus Putra(2019). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS BEREDARNYA PRODUK OBAT YANG TIDAK MENCANTUMKAN KETERANGAN HALAL/TIDAK HALAL. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, Praptiolayasa, D., Saroh, S., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Sabun Muka Produk Ponds di Pasar Kemlagi Mojokerto). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 8(1), 9-16. Prayoga, Adistiar. (2019). Pharmacist Behavior Of Halal Labelization On Pharmaceutical Product Rahman, T. (2017). Tinjauan Yuridis Terhadap Penerapan Sertifikasi Halal Suatu Produk di Indonesia (Studi pada Lembaga Pengkajian Pangan, ObatObatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Rahman, T. (2017). Tinjauan Yuridis Terhadap Penerapan Sertifikasi Halal Suatu Produk di Indonesia (Studi pada Lembaga Pengkajian Pangan, ObatObatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Sandari, W. A., Arsa, A., & Mutia, A. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN NORMA RELIGIUS TERHADAP KEPUTUSAN MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI (Doctoral dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Setiawan, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 59-65. Shabrina, D. I. (2017). Religiusitas dan Intensi Membeli Obat Berlabel Halal pada Mahasiswa Muslim di Universitas Islam Indonesia. Sodiman, S. (2018). Sertifikasi Halal Produk Makanan Sebagai Perlindungan Konsumen Muslim; Studi di Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika-Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tenggara. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 85-99. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.a Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta Suhana M., Suhaiza Zailani & Marco Tieman. (2016). Tapping into the Halal Pharmaceutical Market: Issues and Challenges Syahputra, A., & Hamoraon, H. D. (2014). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam pembelian produk makanan dalam kemasan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2(8), 14806. Umar, (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali. Undang Undang pasal 1 Nomor 33 ayat 10 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal Undang Undang pasal 11 nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja Undang Undang Perlindungan Konsumen Pasal 4 nomor 3 tahun 1999 Undang-Undang Jaminan Produk Halal pada tahun 2014 Wijayanti, R. F., Evelina, T. Y., & Budiarti, L. (2017). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK PRIVATE LABEL. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(2), 161-166. Wulandari, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Supermarket Top Bangunan Kediri. Zulham, S. (2018). Peran negara dalam perlindungan konsumen muslim terhadap produk Halal. Kencana. citation: Refmasita, Ayu Nur (2021) Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk Obat terhadap Minat Beli Obat pada Mahasiswa Feb Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18094/1/FEB_EKIS_1602055010_%20Ayu%20Nur%20Refmasita.pdf