%I Faculty of Medicine Muhammadiyah University of Prof. Dr. HAMKA %L repository17544 %A Semara Bety %A Rizka Rizka Aries Putranti %A Mona Siti Mona Amelia Lestari %A Arif Muhammad Arif Budiman %A Shinta Shinta Dewi Permata Sari %A Dewi Dewi Novita %D 2021 %T BUKU PANDUAN TUTOR BLOK 1.1. KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS %X Blok keterampilan belajar dan berpikir kritis secara garis besar berisi tentang keterampilan belajar sepanjang hayat (lifelong learning) yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa yang akan menjadi bekal hingga saat sudah menjadi seorang dokter. Selain keterampilan belajar sepanjang hayat, seorang mahasiswa kedokteran juga perlu melatih keterampilan berpikir kritis (critical thinking) serta pemecahan masalah (problem solving). Keterampilan mengenai teknologi informasi juga diperlukan untuk mendukung keterampilan belajar, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Blok ini mendukung mahasiswa mencapai kompetensi mawas diri dan pengembangan diri, serta sedikit kompetensi pengelolaan informasi dari Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Materi pada blok ini meliputi pengantar ilmu kedokteran dan kompetensi pendidikan dokter, dasar-dasar ketrampilan belajar, pengenalan gaya belajar (learning style), pencarian literatur (literature searcing), penelusuran sumber belajar secara kritis, mendengar aktif (active listening), membaca efektif (effective reading), konsentrasi dan memori (concentating and memory), managemen waktu (time management), membuat catatan kuliah (note taking) dan persiapan ujian (test preparation). Selain itu dipelajari juga mengenai prinsip 6 pembelajaran orang dewasa (adult learning), problem solving, problem base learning dan dan tujuh langkah tutorial. Metode pengajaran berupa kuliah, diskusi kelompok kecil (tutorial), keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi (IT) dan belajar mandiri. %V 3