TY - BOOK T3 - 2021/2022 PB - Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17543/ EP - 31 A1 - Bety Semara Lakhsmi, Bety A1 - Oktarina, Oktarina A1 - Leli Hesti Indriyati, Leli A1 - Yulmaida Amir, Yulmaida A1 - Rizka Aries Putranti, Rizka AV - restricted IS - 3 N2 - Blok keterampilan belajar dan berpikir kritis secara garis besar berisi tentang keterampilan belajar sepanjang hayat (lifelong learning) yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa yang akan menjadi bekal hingga saat sudah menjadi seorang dokter. Selain keterampilan belajar sepanjang hayat, seorang mahasiswa kedokteran juga perlu melatih keterampilan berpikir kritis (critical thinking) serta pemecahan masalah (problem solving). Keterampilan mengenai teknologi informasi juga diperlukan untuk mendukung keterampilan belajar, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Blok ini mendukung mahasiswa mencapai kompetensi mawas diri dan pengembangan diri, serta sedikit kompetensi pengelolaan informasi dari Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Materi pada blok ini meliputi pengantar ilmu kedokteran dan kompetensi pendidikan dokter, dasar-dasar ketrampilan belajar, pengenalan gaya belajar (learning style), pencarian literatur (literature searcing), penelusuran sumber belajar secara kritis, mendengar aktif(active listening), membaca efektif (effective reading), konsentrasi dan memori (concentating and memory), managemen waktu (time 6 management), membuat catatan kuliah (note taking) dan persiapan ujian(test preparation). Selain itu dipelajari juga mengenai prinsip pembelajaran orang dewasa (adult learning), problem solving, problem base learning dan dan tujuh langkah tutorial. Metode pengajaran berupa kuliah, diskusi kelompok kecil (tutorial), keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi (IT) dan belajar mandiri. Y1 - 2021/// TI - BUKU BLOK BLOK 1.1. KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS ID - repository17543 ER -