eprintid: 17485 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/85 datestamp: 2023-07-10 08:33:32 lastmod: 2023-07-10 08:33:32 status_changed: 2023-07-10 08:33:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marvella, Rafa Ayu creators_name: Karnawati, Rita Agustina creators_id: rita.agustina.karnawati@uhamka.ac.id title: Efektivitas Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 siswa dan siswa kelas XI MIPA 3 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data, diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 71.27 dan kelas kontrol sebesar 70.47. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85.2 dan kelas kontrol sebesar 79.13. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan rumus independent sample t-test program SPSS 22. Nilai thitung 5.905, df (0,025:58) hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 2.002. Nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest atau thitung > ttabel (5.905 > 2.002). Nilai gain kelas eksperimen sebesar 48.3193 sedangkan kelas kontrol sebesar 27.5472. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran scramble efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, metode pembelajaran scramble yaitu menyenangkan saat proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang, dan siswa lebih menyukai belajar bahasa Jepang. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75–83. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024 Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, D. S. (2016). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat dengan Keterampilan Membaca. 5(2), 173–187. Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265–275. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126 Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Fitriyah, N. I. L., & Supriyatno. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Ketapangkuning Jombang. 5(4), 641–649. Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24. Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan 93 Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Keraf, G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka. Made Dwi Kurni Astuti, N., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press. Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat. Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Said, M. A., Arsyad, M., & Nurlina. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(2), 83–90. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudjianto, & Dahidi, A. (2010). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 94 Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect. Tarigan, H. G. (2015). Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa. citation: Marvella, Rafa Ayu dan Karnawati, Rita Agustina (2020) Efektivitas Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman II Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17485/1/RAFA%20AYU%20MARVELLA.pdf