%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Permainan Tumble Tower (Jenga) Terhadap Penguasaan Huruf Kanji N5- N4 Bab 1 Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dengan menggunakan metode Quasi Experimental. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa semester I sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan perhitungan, nilai rata-rata pretest yaitu 62.97, nilai tertinggi 95.00 dan terendah 44.00 . untuk nilai rata-rata posttest yaitu 70.48, nilai tertinggi 87.00 dan terendah 52.00. Nilai thitung 3.79, ttabel=2.042, 3.79>2.042 yang artinya teknik permainan Tumble Tower (Jenga) efektif meningkatkan penguasaan kanji. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan teknik permainan Tumble Tower (Jenga), mahasiswa menjadi antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan lebih mudah menguasai huruf kanji. %A Magfiroh Nurul Jannah %A Rina Sukmara %L repository17480 %D 2020 %T Efektivitas Teknik Permainan Tumble Tower (Jenga) Terhadap Penguasaan Huruf Kanji N5- N4 Bab 1 (pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2019/2020) %I Universitas Prof.Dr. Hamka