eprintid: 17476 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/76 datestamp: 2023-07-10 08:33:19 lastmod: 2023-07-10 08:33:19 status_changed: 2023-07-10 08:33:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yaniar, Eztha Syafira creators_name: Masrokhah, Yuni creators_id: yuni_masrokhah@uhamka.ac.id title: ANALISIS PEMBENTUKAN GAIRAIGO PADA IKLAN KOMERSIAL JEPANG PERIODE IKLAN TAHUN 2016 – 2020 (DITINJAU DARI KAJIAN MORFOLOGI) ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Kata serapan atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Gairaigo (外来語) merupakan kata-kata yang diambil dari bahasa asing, dan kemudian disesuaikan dengan pembentukan kata dalam bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai pembentukan gairaigo pada iklan komersial Jepang yang muncul pada periode tahun 2016 – 2020, jenis gairaigo yang digunakan, dan jenis gairaigo apa saja yang paling sering muncul pada iklan di periode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data ini adalah degan teknik studi pustaka dengan teknik lesap dan perluas sebagai analisis data. Objek kajian penelitian ini adalah iklan komersial Jepang periode iklan tahun 2016 – 2020. Hasil penelitian dari 50 Iklan yang dikaji terdapat empat proses pembentukan gairaigo: Borrowing, Clipping, Compounding, dan Affixation, jenis gairaigo: Representational, Replacement, Truncated, Altred, dan Psuedo Terms. Kemudian dari 50 sumber yang di kaji, jenis gairaigo yang paling sering muncul adalah jenis Representational dengan jumlah total 25 kata atau sebanyak 50% dari keseluruhan data yang di analisis. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abudalbouh, M. A., & Habboush, T. A. (2017). Effects of Commercial Advertising on the Buying Behavior of Smart Phones in Effects of Commercial Advertising on the Buying Behavior of Smart Phones in Private Higher Education Sector in Jordan. (May 2014). Chaer, A. 20212. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta. Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers Engman, A. B. (2018). Loanword Compound Truncation in Japanese A study on Japanese learners ’ understanding of loanword abbreviations. Igarashi, Y. (2007). The changing role of katakana in the Japanese writing system. xiii, 283 leaves. Retrieved from http://www.worldcat.org/oclc/Citavi Attachments/garashi 2007 - The changing role of katakana.pdf Irwin, M. (2017). Mora clipping of loanwords in Japanese. Journal of Japanese Linguistics, 27(1). https://doi.org/10.1515/jjl-2011-0105 Kridalaksana, H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia Pustaka. Kridalaksana, H. 2010. Pembentukan Kata dalan Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Muzdalifah, Eti. 2011. Skripsi: Analisis Gairaigo pada Situs http://kids.yahoo.co.jp/. Bandung : Fakultas Sastra Universitas Pendidikan Indonesia Nazir, M. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indoneisa. Santoso, T. (2015). Dasar-dasar Morfologi Bahasa Jepang (2nd ed.). Yogyakarta: Morfalingua. Solihin. (2015). Terpaan Iklan Mendorong Gaya idup Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Volume V N(2), 41–50. Retrieved from https://repository.unikom.ac.id/30951/1/jurnal-4.pdf Sriwijayanti, R. P., Setyawati, A. S., & Rosliyah, Y. (2017). Chi’e : journal of Japanese learning and teaching. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 3(1), 33–37. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/4306 Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Santa Dharma University Press. Sudjianto dan Dahidi.A. 2014. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sugiyono. 2014. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutedi, D. (2011). Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora. Tjandra, S. N. (2015). Morfologi Jepang (1st ed.; Ariyanto, ed.). Jakarta: PT Widia Inovasi Nusantara. Tomoda, T. (2005). The Loanword (Gairaigo) Influx Into the Japanese Language: Contemporary Perceptions and Responses. 299. Retrieved from http://unsworks.unsw.edu.au/fapi/datastream/unsworks:806/SOURCE01 Tsujimura, Natsuko. 2014. An Introduction to Japanese Linguistics. Oxford: Blackwell Publishers Ltd. Widi, R.K. 2010. Asas Metodologi Penelitian: Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah demi Langkah Pelaksanaan Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu. Þórdísarson, B. G. (2016). The History of Loan Words in Japanese and Their Effect on the Japanese Language. (February 2016), 48 citation: Yaniar, Eztha Syafira dan Masrokhah, Yuni (2020) ANALISIS PEMBENTUKAN GAIRAIGO PADA IKLAN KOMERSIAL JEPANG PERIODE IKLAN TAHUN 2016 – 2020 (DITINJAU DARI KAJIAN MORFOLOGI). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17476/1/eztha%20syafira%20yaniar.pdf