@phdthesis{repository17476, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, title = {ANALISIS PEMBENTUKAN GAIRAIGO PADA IKLAN KOMERSIAL JEPANG PERIODE IKLAN TAHUN 2016 - 2020 (DITINJAU DARI KAJIAN MORFOLOGI)}, year = {2020}, month = {August}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17476/}, abstract = {Kata serapan atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Gairaigo (???) merupakan kata-kata yang diambil dari bahasa asing, dan kemudian disesuaikan dengan pembentukan kata dalam bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai pembentukan gairaigo pada iklan komersial Jepang yang muncul pada periode tahun 2016 - 2020, jenis gairaigo yang digunakan, dan jenis gairaigo apa saja yang paling sering muncul pada iklan di periode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data ini adalah degan teknik studi pustaka dengan teknik lesap dan perluas sebagai analisis data. Objek kajian penelitian ini adalah iklan komersial Jepang periode iklan tahun 2016 - 2020. Hasil penelitian dari 50 Iklan yang dikaji terdapat empat proses pembentukan gairaigo: Borrowing, Clipping, Compounding, dan Affixation, jenis gairaigo: Representational, Replacement, Truncated, Altred, dan Psuedo Terms. Kemudian dari 50 sumber yang di kaji, jenis gairaigo yang paling sering muncul adalah jenis Representational dengan jumlah total 25 kata atau sebanyak 50\% dari keseluruhan data yang di analisis.}, author = {Yaniar, Eztha Syafira and Masrokhah, Yuni} }