eprintid: 17475 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/75 datestamp: 2023-07-10 08:33:18 lastmod: 2023-07-10 08:33:18 status_changed: 2023-07-10 08:33:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shabirah, Azizah Janan creators_name: Utari, Retno creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id title: PENGARUH VLOG YOUTUBER “NIHONGO MANTAPPU” TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AJARAN 2019/2020 ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Vlog adalah salah satu bentuk konten yang sangat dominan pada platform Youtube. Vlog juga bisa dikategorikan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan materi, tugas dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Vlog YouTuber “Nihongo Mantappu” terhadap minat belajar bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, dan juga untuk mengetahui pendapat dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang terhadap konten belajar bahasa Jepang pada “Nihongo Mantappu”. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan kuesioner (angket). Data dari penelitian ini adalah tentang bahasa Jepang (Kanji, Hiragana, Katakana, Romaji, Kosakata, Gramatika bahasa Jepang). Sumber data dari penelitian ini adalah Vlog “Nihongo Mantappu”. Hasil dari penelitian ini adalah 92.6% mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang setelah belajar bahasa Jepang melalui vlog "Nihongo Mantappu", mereka merasa semakin minat dalam belajar bahasa Jepang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Vlog YouTuber “Nihongo Mantappu” berpengaruh dan dapat menarik minat belajar bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, A. R. (2019). VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PESERTA DIDIK. (February), 2–5. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/330823545%0AVLOG Ahmad, S. (2019). The Effect of Vlogging on EFL Student Teachers’ Teaching Self-efficacy. Arabic Studies in Education & Psychology (ASEP), (November 2014), 209–240. https://doi.org/10.21608/saep.2014.25331 Alianto, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA VLOGGING (VIDEO BLOGGING) UNTUK PEMBELAJARAN LAPORAN PERJALANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK YOHANES GABRIEL PARE - KEDIRI. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (1st ed.; E. D. Lestari, Ed.). Retrieved from www.jejakpublisher.com Asadi, A. (2015). YouTube Vlogging The Complete Manual (G. Whitaker, Ed.). Retrieved from www.imagine-publishing.co.uk Astuti, S. P. (2015). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. 5(1), 68–75. David, E., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acta Diurna, 6(1), 18. Retrieved from 150 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/index/index Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG. 4(2), 47–53. HARTANTI, A. D. (2018). PENGARUH VIDEO BLOG GITASAV TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE JERMAN. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. KBBI. (n.d.-a). Belajar. Retrieved from https://kbbi.web.id/belajar KBBI. (n.d.-b). Minat. Retrieved from https://kbbi.web.id/minat Krisdianto, D. (2015). Youtuber, Profesi Jaman Kreatif yang Menggiurkan. Retrieved from http://temantakita.com/youtuber-indonesia-profesi-jaman-kreatif/amp/ Mantappu, N. (2017). SELAMAT DATANG DI NIHONGO MANTAPPU! Retrieved from YouTube website: https://m.youtube.com/watch?v=YuiJ3VQHNxQ Palinoan, I. Y. (2017). Dampak tayangan vlog di youtube terhadap gaya hidup hedonis siswa sma kristen sunodia. 5(2), 215–225. Pratiwi, N. K. (2015). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. Pujangga, 1(2), 75–105. 151 Priana, R. Y. S. (2017). PEMANFAATAN VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERITEGRASI TEKHNOLOGI INFORMASI. Rahmi, U., Aneros, N., & Judiasri, M. D. (2016). EFEKTIVITAS METODE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG. JAPANEDU, 1(2), 1–17. Rahmi, U., Aneros, N., & Judiasri, M. D. (2017). EFEKTIVITAS METODE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG. EDUJAPAN, 1(1), 54–74. Siswati. (2012). MINAT MEMBACA PADA MAHASISWA. 8(2), 124–134. Sudjianto, D., & Dahidi, D. A. (2014). PENGANTAR LINGUISTIK BAHASA JEPANG (3rd ed.). Retrieved from www.kesaintblanc.co.id Susanti, E. D. (2019). PROJECT BASED LEARNING : PEMANFAATAN VLOG DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK GENERASI PRO GADGET. 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p84 Susilo, D. W. H. (2011). PENELITIAN KUALITATIF (Aplikasi pada Penelitian Ilmu Kesehatan). Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera. Tasia, A. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENULISAN HIRAGANA DAN KATAKANA DI SMA N 15 SEMARANG (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/22653/1/2302409039.pdf Wikipedia. (2019). Blog Video. Retrieved from 152 https://id.wikipedia.org/wiki/Blog_video Wikipedia. (2020a). Bahasa Jepang. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Jepang Wikipedia. (2020b). NIHONGO MANTAPPU “JEROME POLIN.” Retrieved from https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jerome_Polin Wikipedia. (2020c). Youtuber. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/YouTuber Yusuf, P. D. A. M. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan). Retrieved from www.prenadamedia.com citation: Shabirah, Azizah Janan dan Utari, Retno (2020) PENGARUH VLOG YOUTUBER “NIHONGO MANTAPPU” TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17475/1/AZIZAH%20JANAN%20SHABIRAH.pdf