eprintid: 17468 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/68 datestamp: 2023-07-10 08:32:49 lastmod: 2023-07-10 08:32:49 status_changed: 2023-07-10 08:32:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sanjaya, Novtia Resiana creators_name: Utari, Retno creators_name: Natalia, Ana creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id title: Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang (Pada Siswa Kelas X SMA Budhi Warman II Jakarta) ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Take and Give terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Budhi Wharman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X IPA SMA Budhi Warman II jakarta. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai pretest yaitu 1905 dengan nilai rata-rata 54,43 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Lalu untuk nilai posttest diperoleh hasil 3292 dengan nilai rata-rata 94,05, dengan nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 86. Pada uji hipotesis digunakan uji-t dengan menggunakan Paired Simple T-test diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 dengan taraf signifikansi 0,05 (α=5%) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian uji keefektivitasan menggunakan Normalized Gain dengan diperoleh hasil 27,5. Hasil dari penelitian ini meyatakan bahwa menggunakan model pembelajran cooperative learning tipe Take and Give terhadap pembelajaran kosakata adalah efektif. Berdasarkan hasil angket, Model Pembelajaran Take and Give adalah siswa lebih semangat belajar bahasa Jepang, belajar bahasa Jepang lebih menyenangkan, siswa mudah menghapal kosakata dan lebih cepat memahami materi yang diberikan. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: BUKU Asmani, Ma’mur Jamal. 2012. Model Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model –Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media. Huda, Miftahul., dan Dahidi. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nasir, Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademik. Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenamedia Group. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2014. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sugiyono. 2012. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Model Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. JURNAL Alisman. 2014. Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Manajemen Keuangan Di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan kebijakan Publik Indonesia. 1(2). 48-54. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2019, DOI : http://jurnal.unsyiah.ac.id/EKaPI/article/download/3707/3410 Ardayani, Tri. 2015. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Dikelurahan Cibaduyut Bandung. Jurnal Ilmiah Farmasi. 3(1). 29-35. Diunduh pada tanggal 5 Juli 2019, DOI : file:///C:/Users/user/Downloads/1854-3444-1-PB.pdf Ardiyanti, Aisah., dkk. 2018. Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Dengan Media Flash Card (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya. 6(1). 88 176-186. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2019, DOI : http://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/download/4327/2460 Febrisma, Nurliya. 2013. Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(2). 109-121. Diunduh pada tanggal 2 Mei 2019, DOI : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/1150/999 Ikawati, Diah Astuti.2016. Pengaruh Model Pembeljaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy. 3(1). 54-59. Diunduh pada tanggal 28 Juni 2019, DOI : http://fip.ikipmataram.ac.id/wp-content/uploads/2015/03/HASTUTI-DIAH-IKAWATI-PENGARUH-MODEL-TAKE-AND-GIVE-DALAM-MENINGKATKAN-HASIL-BELAJAR-SISWA1.pdf Nurjannah. 2014. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 JONI. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(8). 290-313. Diuduh pada tanggal 28 Juni 2019, DOI : https://media.neliti.com/media/publications/119169-ID-peningkatan-kemampuan-penguasaan-kosakat.pdf Skripsi/Karya Ilmiah Adeline, Desfi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Beljar Kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan lampung. DOI : http://repository.radenintan.ac.id/4540/1/SKRIPSI Aji, Budi Ramadhan Arief. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Memberi Dan Menerima Pada Siswa Kelas Vii E Smp Negeri 5 Wates Kabupaten Kulon Progo DIY. Skripsi : Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. DOI : http://enprints.uny.ac.id/19843/1/SKRIPSI.pdf&ved Aufa, Anindhita Anung. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap hasil belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 1 Semarang. Skripsi : Jurusan teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. DOI : https://lib.unnes.ac.id/26564/1/2302408067.pdf 89 Fajri, Fatiha. 2013. Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa SMA Negeri 10 Bandung Kelas X Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.DOI : http://respository.upi.edu/3580/1/S_JEP_0902330_Tile.pdf&ved=2ahUKEwilqofWu5fkAhXQinAKHWBFDesQFjABegQIBRAL&usg=AOvVaw2Upjahl6tyw7yU6pq-xtNNP Meda, Lisna Yesi,. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. E-Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Lampung. DOI : http://junal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/14344 Sashandra, Ajwala, dan Nise Samudra Sasanti. 2010. Media Gambar Picture and Picture Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang. E-Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa Jepanng Fakultas Bahasa Dan seni Universitas Negeri Surabaya. DOI : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/download/1854/5270&ved=2ahUKEwjoveHp5fKAhUPbo8KHQ7gD2kQFjAAegQIBRAB&usg=AovVaw3kVb4N39kExLgxyIPYsPd citation: Sanjaya, Novtia Resiana dan Utari, Retno dan Natalia, Ana (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang (Pada Siswa Kelas X SMA Budhi Warman II Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17468/1/NOVTIA%20RESIANA%20SANJAYA.pdf