eprintid: 17466 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/66 datestamp: 2023-07-10 08:32:43 lastmod: 2023-07-10 08:32:43 status_changed: 2023-07-10 08:32:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawaty, Lusi creators_name: Sukmara, Rina creators_name: Hendra, Akbar Nadzar creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (DOKKAI) PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ( FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019) ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pembelajaran Dokkai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu One Grup Pretest Posttest. Metode penelitian ini yaitu Quasi Ekperimental atau Eksperimen Semu. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA. adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester II kelas A sebanyak 22 orang. Teknik sampel yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Untuk mengetahui efektivitas metode yang digunakan, penulis melakukan 6 kali pertemuan di antaranya dengan memberikan test awal atau pretest dan 4 kali perlakuan atau treatment kemudian test akhir atau posttest dan terakhir pemberian angket. Berdasarkan hasil perhitungan data, di dapat nilai rata-rata dari test awal atau pretest sebelum diberikannya metode TSTS yaitu 70,318 dengan nilai maksimum 90,0 kemudian nilai minimun pretest yaitu 42,0. Kemudian setelah menggunakan perlakuan dengan metode TSTS dapat diperoleh hasil nilai rata-rata posttest yaitu 76,182 dengan nilai maksimum 95,0 kemudian nilai minimum posttest yaitu 47,0. Uji prasyarat yang digunakan untuk penelitian ini yaitu uji Normalitas, uji Homogen, uji-t dan uji N-gain. Untuk mengetahui adanya peningkatan dari nilai pretest dan posttest maka penulis memperoleh hasil dari uji-t yaitu 0,000 dengan taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05. Dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. Kemudian untuk mengetahui metode TSTS yang digunakan efektif, penulis melakukan uji N-gain dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 dan N (21) di dapatkan hasil yaitu Thitung 4,76 kemudian Ttabel 2,080, maka dapat disimpulkan 4,76 > 2,080 metode Two Stay Two Stray (TSTS) sangat efektif digunakan untuk pembelajaran Dokkai. Berdasarkan hasil kuesioner atau angket yang diberikan dapat disimpulkan mahasiswa semester II menjadi terbantu memahami isi Dokkai dan merasa antusias selama pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Metode Two Stay Two Stray, Dokkai, dan Efektivitas. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abi, L.Y. 2018. Perbandingan Penerapan Metode Audiolingual dan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Kotoba di kelas X SMAN 14 Kabupaten Tangerang. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Akiko, M, Sawada Sachiko, Shigekawa Akemi, Tanaka Yone dan Mizuno Mariko. (2000). Minna no Nihongo みんなの日本語初級I初級で読めるトピック25. Japan : 3A Corporation. Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Aulia, Resti. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu. E-Jupekhu (jurnal ilmiah pendidikan khusus). 1(2), 349. Diunduh tanggal 23 Juni 2019. DOI: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/861 Chiyoda-ku, Shoei dan Sarugaku-cho 2-Chome. (2000). Minna no Nihongo 初級1翻訳文法解説インドネシア語版. Japan : 3A Corporation. Dalman, H. (2013). Keterampilan Membaca. Depok : Rajawali Pers 96 Dianasari, W dan Linna Meilia Rasiban. (2017). Efektivitas Metode Peer Reading dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman (Dokkai). Japanedu. 2(1), 10. Diunduh tanggal 26 Juni 2019. DOI : http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/article/view/6999. Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : PT INDEKS Eni, Ermawati. 2013. Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester VI dalam Memahami Teks Dokkai Tingkat Menengah. Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Diunduh tanggal 26 Juni 2019. Ghina, Nalurita. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Shoukei Moji untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kanji Dasar Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Semu terhadap Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Semester II Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA tahun ajaran 2017/2018). Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Intan, S.P. 2013. Efektivitas Penggunaan Metode NHT ( Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pemahaman Membaca Teks. Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Diunduh tanggal 26 Juni 2019. Kusmayadi, I. (2008). Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung : Penerbit Grafindo Media Pratama. 97 Lestari, E.K dan Mokhammad Ridwan. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama Lestari, E.M.I dan Agus Budi Cahyono. (2016). Korelasi Antara Goi (Kosa kata) pada Kemampuan Dokkai (Membaca) Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Paramasastra. 3(1), 2. Diunduh tanggal 29 April 2019. DOI: https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1516 Mardalis (2009). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Megawati, Fika. (2016). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia. 5(2), 148. Diunduh tanggal 12 Agustus 2019. DOI : http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/246 Oktaria, Dinari, Andayani dan Kundharu Saddhono. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif Sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi. Metalingua. 15(2), 166. Diunduh tanggal 18 Agustus 2019. DOI:http://metalingua.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/metalingua/article/view/63 Permana, E.P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. 2(2), 135. Diunduh tanggal 18 Agustus 2019. DOI : file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/1648-2993-1-SM.pdf 98 Pratita, I.I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman (Dokkai) Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Asa, vol.4, 31. Diunduh tanggal 29 April 2019. DOI : https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2475 Putri, A. (2013). Pengunaan Media Film Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 2-3. Diunduh tanggal 18 Agustus 2019. DOI : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3170. Shoimin, Aris (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA. Somadayo, Samsu (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu. Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.. Jakarta : PT Bumi Aksara. Suyatno, H (2011). Cerdas Membaca Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta : Uhamka Press. UHAMKA, 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Makalah dan Artikel. Jakarta : FKIP UHAMKA. citation: Kurniawaty, Lusi dan Sukmara, Rina dan Hendra, Akbar Nadzar (2019) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (DOKKAI) PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ( FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17466/1/LUSI%20KURNIAWATY.pdf