eprintid: 17465 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/65 datestamp: 2023-07-10 08:32:42 lastmod: 2023-07-10 08:32:42 status_changed: 2023-07-10 08:32:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rudiawati, Irna creators_name: Sudjianto, Sudjianto creators_name: Sukmara, Rina creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI SMA BUDHI WARMAN 2 JAKARTA ispublished: pub subjects: R divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Permainan Quick on the Draw Terhadap Penguasaan Huruf Hiragana di SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budhi Warman 2 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentruk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 42 siswa dan kelas XI IPA 2 berjumlah 43 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa nilai posttest kelas ekspermen sebesar 80,70 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,40. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T rumus independet sampel t-test program SPSS 24 dengan taraf signifikan p-valued < 0,05. Setelah dihitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0,000. Nilai normalized gain kelas eksperimen sebesar 29,2734 sedangkan kelas kontrol -274,1792. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa teknik permainan Quick on the Draw efektif untuk penguasaan huruf hiragana Bahasa Jepang. Berdasarkan respon siswa, teknik permainan Quick on the Draw memotivasi, membantu meningkatkan dan mengingat huruf hiragana. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, M. 2013. Penelitian Pendidikan Prosedur & Strategi. Bandung: CV ANGKASA. Alim, B. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: GRAHA ILMU. Dalman. 2015. Penulisan Populer. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks. Hikmat, M. 2011. Metode Penelitian Dalam Prespektif Ilmu dan Sastra. Yogyakarta: GRAHA ILMU. Riduwan, M. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA Sutedi, D. 2011. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: humaniora. Tarigan, H. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung. Chabib, M., dkk. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan. 2(7). 910- 918. Diunduh tangga 21 Agustus 2019, DOI: https://media.neliti.com/media/publications/210009-none.pdf Hanifah, A., dkk. (2107). Penggunaan Teknik Permainan Complete Sentences Stock Exchange dalam Pembelajaran Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas Xi Sman 14 Bandung). Edujapan. 1(2). 100-108. Diunduh tanggal 21 Agustus 2019, DOI: http://ejournal.upi.edu/index.php/edujapan/article/view/8580 Hapnita, W., dkk. (2018). Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil. 5(1). 2175-2182. Diunduh tanggal 20 Agustus 2019, DOI: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/download/9941/7409 Nacita,S., dkk. (2016). Efektivitas strategi Quick on the Draw dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang. Japanedu.1(1). 1-10. Diunduh tanggal 30 Desember 2018, DOI: http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/article/download/2647/1738 Putra, R.A., dkk. (2107). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.1(1). 23-36. Diunduh tanggal 21 Agustus 2019, DOI: file:///F:/print%20bab%202%20irna/jurnal%20bhan%20skripsi/jurnal%20 buat%20skripsi/8723-17673-1-SM%20kemandirian.pdf Safitri, N.A., dkk. (2018). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Quick on the Draw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negri 3 Pailangga. Jurnal Biotek. 6(1). 43-52. Diunduh tanggal 30 Desember 2018, DOI: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/5070/pdf Sunarni, A dan Najmudin, O. (2018). Sejarah Perkembangan Bahsa Jepang dan Penelitiannya. Jurnal Makna. 3(1). 77-93. Diunduh tanggal 16 April 2019, DOI: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/843/727 Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa.Jurnal Pemikiran Islam. 40(2). 110-117. Diunduh tanggal 20 Agustus 2019, DOI: http://ejournal.uinsuska. ac.id/index.php/Anida/article/download/1500/1293 Yulianti, D., dkk. (2011). Model Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak dengan Bermain Sambil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17. 434-438. Diunduh tanggal 21 Agustus 2019, DOI: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/2874/1241 citation: Rudiawati, Irna dan Sudjianto, Sudjianto dan Sukmara, Rina (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI SMA BUDHI WARMAN 2 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17465/1/Irna%20Rudiawati.pdf