@phdthesis{repository17465, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, year = {2019}, title = {EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI SMA BUDHI WARMAN 2 JAKARTA}, month = {August}, author = {Rudiawati, Irna and Sudjianto, Sudjianto and Sukmara, Rina}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Permainan Quick on the Draw Terhadap Penguasaan Huruf Hiragana di SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budhi Warman 2 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentruk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 42 siswa dan kelas XI IPA 2 berjumlah 43 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa nilai posttest kelas ekspermen sebesar 80,70 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,40. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T rumus independet sampel t-test program SPSS 24 dengan taraf signifikan p-valued {\ensuremath{<}} 0,05. Setelah dihitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0,000. Nilai normalized gain kelas eksperimen sebesar 29,2734 sedangkan kelas kontrol -274,1792. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa teknik permainan Quick on the Draw efektif untuk penguasaan huruf hiragana Bahasa Jepang. Berdasarkan respon siswa, teknik permainan Quick on the Draw memotivasi, membantu meningkatkan dan mengingat huruf hiragana.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17465/} }