eprintid: 17464 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/64 datestamp: 2023-07-10 08:32:40 lastmod: 2023-07-10 08:32:40 status_changed: 2023-07-10 08:32:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Irma Sri creators_name: Masrokhah, Yuni creators_name: Utari, Retno creators_id: yuni_masrokhah@uhamka.ac.id creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id title: Korelasi antara Penguasaan Huruf Kanji Terhadap Pemahaman Dokkai (membaca) dalam Soal-soal JLPT (pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dalam soal-soal JLPT. Penelitian ini menggunaka n metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA tahun ajaran 2018- 2019 yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif. Penguasaan huruf kanji dalam soalsoal JLPT mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan hasil test nilai rata-rata tertinggi yaitu 94.75 dan nilai rata-rata terendah yaitu 33.50. Kemampuan dokkai dalam soal-soal JLPT mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan hasil test nilai rata-rata tertinggi yaitu 71.75 dan nilai rata-rata terendah yaitu 17.25. Kemudian terdapat korelasi antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dengan nilai korelasi yang didapat dalam penelitian ini adalah 0,558. Berdasarkan tabel koefisen korelasi, hasil nilai korelasi dalam penelitian ini berarti korelasi positif sedang. Dari penghitungan dan pemaknaan korelasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dalam soal-soal JLPT. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Choerunisa, Ghaida. (2017). Korelasi Intensitas Mendengarkan Lagu Jepang Terhadap Hasil Belajar Choukai Pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka DOI: https://www.jlpt.jp/e/about/message.html DOI: http://himasasjep.ub.ac.id/sejarah-kanji/ DOI: https://ppgspada.brightspace.com/d2l/le/content/18486/viewContent/2659469/Vie w Firmansyah, Dian Bayu., & Rahmawati, Riska Sri. Penggunaan Media Ajar Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Kanji. Universitas Jendral Soedirman. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Jepang 3(1), 2 Diunduh pada tanggal 24 Maret 2019, dari http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/index Khoiriyah, Amalia Rizki. (2014). Mengenal Lebih Dekat Bushu Kanji Understanding More About Bushu Kanji. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum. Diglossia, 5(2), 80-81. Diunduh tanggal 3 Juli 2019, dari https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/diglosia/article/view/352/317 Margono, S. (2013). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kharisma Putra Utama. Pratita, Ina Ika. (2017). Pengembangan Model Cooperative integrated reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemamppuan Membaca Pemahaman (Dokkai) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Asa, 4, 32. Diunduh tanggal 3 Juli 2019, dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2475/1591 77 Qurrotullain, Aini. (2013). Penggunaan Metode Preview, Resd, Summare, Test (PQRST) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pada Siswa Tunarungu. Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh tanggal 24 Agustus 2019, dari http://repository.upi.edu/3780/6/S_PLB_0901021_CHAPTER3.pdf Renariah. (2002). Bahasa Jepang dan Karakteristiknya. Universitas Kristen Maranatha. Jurnal sastra Jepang, 1(2), 2-9. Diunduh tanggal 23 Mei 2019, Dari http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/LAINNYA/RENARIAH/artikel/Bahas a_Jepang_dan_karakteristiknya.pdf Sudjianto dan Dahidi, (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta citation: Rahayu, Irma Sri dan Masrokhah, Yuni dan Utari, Retno (2019) Korelasi antara Penguasaan Huruf Kanji Terhadap Pemahaman Dokkai (membaca) dalam Soal-soal JLPT (pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17464/1/IRMA%20SRI%20RAHAYU.pdf