%D 2019 %L repository17464 %T Korelasi antara Penguasaan Huruf Kanji Terhadap Pemahaman Dokkai (membaca) dalam Soal-soal JLPT (pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019 %A Irma Sri Rahayu %A Yuni Masrokhah %A Retno Utari %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dalam soal-soal JLPT. Penelitian ini menggunaka n metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA tahun ajaran 2018- 2019 yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif. Penguasaan huruf kanji dalam soalsoal JLPT mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan hasil test nilai rata-rata tertinggi yaitu 94.75 dan nilai rata-rata terendah yaitu 33.50. Kemampuan dokkai dalam soal-soal JLPT mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan hasil test nilai rata-rata tertinggi yaitu 71.75 dan nilai rata-rata terendah yaitu 17.25. Kemudian terdapat korelasi antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dengan nilai korelasi yang didapat dalam penelitian ini adalah 0,558. Berdasarkan tabel koefisen korelasi, hasil nilai korelasi dalam penelitian ini berarti korelasi positif sedang. Dari penghitungan dan pemaknaan korelasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dalam soal-soal JLPT.