eprintid: 17462 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/62 datestamp: 2023-07-10 08:32:36 lastmod: 2023-07-10 08:32:36 status_changed: 2023-07-10 08:32:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziah, Hanny creators_name: Sudjianto, Sudjianto creators_name: Natalia, Ana title: EFEKTIVITAS MEDIA ANIME TERHADAP PEMBELAJARAN CHOUKAI (PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AKADEMIK 2018/2019) ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media anime terhadap media choukai dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2018/2019 setelah menggunakan media anime sebagai pembelajaran choukai. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post test design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2018/2019 sebanyak 20 orang. Nilai pre test rata-rata mahasiswa adalah 56,3. Nilai post test 62,2. Hasil Uji t didapat dengan program SPSS 25 dengan menggunakan Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mendengar mahasiswa setelah diterapkan media anime. Berdasarkan hasil angket, dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa menganggap media anime cukup menarik dan meningkatkan kemampuan mendengar (choukai) mahasiswa date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya Brenner, Robbin, E. 2007. Understanding Manga and Anime. Connecticut: Greenwood Publishing Group, Inc Chan, Yee Han, Wong, Ngan Lin, dan Ng, Lee Luan. Learning Japanese through Anime. Journal of Language Teaching and Research, 8 (3), 486 Dolong, H.M. Jufri. 2016. Teknis Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan UIN, V (2), 296 Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Izuru, Shinmura. 1995. Kojien. Tokyo: Iwanami Shoten Junjie, Shan, Nishihara, Yoko, Yamanishi, Ryosuke, dan Fukumoto, Junichi. 2017. Analysis of Dialogues Difficulty in Anime Comparing with JLPT Listening Tests. Science Direct, 112, 1346 Margono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Napier, Susan. J. 2001. Anime From Akira to Princess Mononoke. New York: Palgrave Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta 84 Sadiman, Arief. S. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Setyosari, H. Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Setyowati, Sri. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 8 Purworejo dengan Menggunakan Media Permainan Bingo [skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta Soselisa, Rebecca. 2012. Penggunaan Anime Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang [skripsi]. Depok (ID): Universitas Indonesia Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2017. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Sudjianto. 2010. Metodologi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Jepang. Bekasi: Kesaint Blanc Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sungkono. 2008. Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4 (1), 72 Tarigan, Henry. G. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung 85 Utami, Dina. 2011. Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1 (7), 45 Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena Wolvin, Andrew D. 1977. The Listening Journal: An Instructional Strategy for a Listening Awereness Program. Reading Horizons, 17 (3), 101 Akemi’s Anime World (2007, 5 Agustus). Lesson 2: Body Proportion. Dikutip 15 Maret 2019 https://web.archive.org/web/20070805152410/http://animeworld.com/how todraw/bodies1.html Ireuna, Iruna (2018, 9 Januari). Genre-genre Anime yang Harus Lo Ketahui (Bagian 2). Dikutip 15 Maret 2019 dari Kincir: https://www.kincir.com/movie/anime/genre-genre-anime-yang-harus-loketahui- bagian-2 KBBI Daring (2016) https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/menyimak — Weblio https://www.weblio.jp/content/%E8%81%B4%E8%A7%A3 citation: Fauziah, Hanny dan Sudjianto, Sudjianto dan Natalia, Ana (2019) EFEKTIVITAS MEDIA ANIME TERHADAP PEMBELAJARAN CHOUKAI (PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AKADEMIK 2018/2019). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17462/1/HANNY%20FAUZIAH.pdf