@phdthesis{repository17462, year = {2019}, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA ANIME TERHADAP PEMBELAJARAN CHOUKAI (PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA TAHUN AKADEMIK 2018/2019)}, month = {August}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17462/}, author = {Fauziah, Hanny and Sudjianto, Sudjianto and Natalia, Ana}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media anime terhadap media choukai dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2018/2019 setelah menggunakan media anime sebagai pembelajaran choukai. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post test design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2018/2019 sebanyak 20 orang. Nilai pre test rata-rata mahasiswa adalah 56,3. Nilai post test 62,2. Hasil Uji t didapat dengan program SPSS 25 dengan menggunakan Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mendengar mahasiswa setelah diterapkan media anime. Berdasarkan hasil angket, dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa menganggap media anime cukup menarik dan meningkatkan kemampuan mendengar (choukai) mahasiswa} }