eprintid: 17458 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/58 datestamp: 2023-07-10 08:32:28 lastmod: 2023-07-10 08:32:28 status_changed: 2023-07-10 08:32:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Camilla Dwi creators_name: Sukmara, Rina creators_name: Utari, Retno creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id title: Efektifitas Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPA di SMA Al Hasra, Depok ispublished: pub subjects: L divisions: 88205 abstract: Penelian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPA SMA Al Hasra Depok. Pelitian ini menggunakan metode True Eksperimen Desing. Popolasi penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPA 1 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penghitungan data, kelas eksperimen memperoleh nilai 82,3, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 66,0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T rumus independent sample t-test program SPSS 24 dengan taraf signifikansi p-value < 0,05. Setelah dihitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0,000. Nilai normalized gain kelas eksperimen sebesar 39,57 sedangkan kelas kontrol 8,74. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran bahasa Jepang.berdasarkan tanggapan siswa, model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) menyenangkan, membuat siswa semangat untuk belajar dan bahasa Jepang menjadi mudah untuk dipahami. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arifin, Zainal (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. DePorter (2003). Quantum Teaching: Bandung: PT Mizan Pustaka. Faturrohman (2015). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Ghufirah, Siti (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetic (VAK) Terhadap Aktifitas Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Haduyang Tahun Pelajaran 2015/2016. IOSR Journal of Economics and Finance, 3 (1), 1-74. DOI: https://doi.org/10.3929/ethz-b- 000238666. Huda, Miftahul (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Izuru, Shinmura. 19 . 広辞苑. Jepang: Nihongo. Maolani dan Cahyana (2016). Metodologi Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Margono (2013), Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Noor, Juliansyah (2012), Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group. Russel (2011). The Accelerate Learning Fieldbook. Bandung: Nusa Media. Rusman (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Sari, Nur Indah (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV SD Negeri 1 Lengkukai. Diambil 20 juni 2019, dari laman http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32452. Sudjana, Nana (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 95 Sudjianto dan Dahidi (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sugiono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sukmadinata (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya. Wibowo, T Agus (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. 图书情报工作, 1 (6) 67-72 Widi (2010). Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu citation: Putri, Camilla Dwi dan Sukmara, Rina dan Utari, Retno (2019) Efektifitas Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPA di SMA Al Hasra, Depok. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17458/1/Camilla%20Dwi%20Putri.pdf