eprintid: 17457 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/57 datestamp: 2023-07-10 08:32:26 lastmod: 2023-07-10 08:32:26 status_changed: 2023-07-10 08:32:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahma, Annuria Yustya creators_name: Utari, Retno creators_name: Karnawati, Rita Agustina creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id creators_id: rita.agustina.karnawati@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS TEKNIK WORD FLOW GAME TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI (SMA NEGERI 14 BEKASI TAHUN AJARAN 2018/2019) ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88205 abstract: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI 14 BEKASI tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI MIA 6 SMA NEGERI 14 BEKASI tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, kelas XI MIA 6 memperoleh jumlah nilai pretest 2574 dengan nilai rata-rata 75.71, nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 62. Pada jumlah nilai posttest 2888.5 dengan nilai rata-rata 84.95, nilai tertinggi 98.0 dan nilai terendah 64.5.Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai Normalized Gain 10,05. Hasil penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat bahasa Jepang dengan mengunakan teknik Word Flow Game adalah efektif. Berdasarkan hasil angket, teknik Word Flow Game adalah siswa menjadi lebih bersemangat, dapat mengikuti pembelajaran menulis kalimat bahasa Jepang dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat bahasa Jepang siswa dan menarik. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asih, R.P., Juangsih, J, dan Rasiban, L.M. (2018). Teknik Word Flow Game Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 3(1), 40&48. Diunduh tanggal 31 Desember 2018, dari http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/index. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Faturrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: A-Ruzz Media. Hanifah, R.A., Sutjiati, N, dan Sugihartono. (2017). Penggunaan Teknik Permainan Complete Sentences Stock Exchange Dalam Pembelajaran Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang (Penelitian Experimen Terhadap Siswa Kelas XI SMAN 14 Bandung. EDUJAPAN, 1(2), 102. Diunduh tanggal 30 Desember 2018, dari https://ejournal.upi.edu. Iswari, A.P.,Sunarsih, E,S dan Tamrin, A.G. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Konvensional Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB di SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Sebelas Maret, 3(2), 3. DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18092 . Karnawati, R.A., dan Sari, T.S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 75 Jakarta. Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA. Diunduh tanggal 31 Juli 2019, dari https://jbptunikompp-gdl-ritaaguti-39866-1-ritaagu-a.pdf . Laba, N.I , dan Rinayanthi, M.N. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia berbasis Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish. 92 Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Maolani, R.A, dan Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Meryam, A. dan Usman, M. (2017). Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Makasar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 96-97. Diunduh tanggal 22 Juni 2019, dari https://ojs.unm.ac.id. Nasir, Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. Runtuwarouw, J.J. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Melalui Model Pembelajaran Workshop. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 169. DOI: http://10.17509/japanedu,v2i2.8998. Saadah, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Kata Mengalir terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI IPA 1 SMA GIKI 2 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 3. Diunduh 8 Mei 2019, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Saefuddin, Asis. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjianto dan Ahmad, D. (2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesain Blanc. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suyatno. (2010). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC. Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung. Yanti, P.G., Zabadi, F, dan Rahman, F. (2017). Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Grasindo. citation: Rahma, Annuria Yustya dan Utari, Retno dan Karnawati, Rita Agustina (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK WORD FLOW GAME TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI (SMA NEGERI 14 BEKASI TAHUN AJARAN 2018/2019). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17457/1/annuria%20yustya%20rahma.pdf