eprintid: 17456 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/56 datestamp: 2023-07-10 08:32:24 lastmod: 2023-07-10 08:32:24 status_changed: 2023-07-10 08:32:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Susilowati, Anisha Dwi Meitira creators_name: Sudjianto, Sudjianto creators_name: Sukmara, Rina creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA MANDALAHAYU BEKASI ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA Mandalahayu Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mandalahayu Bekasi tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentuk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Mandalahayu Bekasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 berjumlah 30 siswa dan kelas X MIPA 2 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitngan, diketahui bahwa nilai posttest kelas eksperimen sebesar 87.5 sedangkan kelas kontrol sebesar 78.7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan T rumus independent sampel t-test program SPSS 25 dengan taraf signifikan Sig. (2-tailed) < 0.05. Setelah di hitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0.004. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 32.1964 sedangkan kelas kontrol sebesar 1.1834. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party efektif terhadap kemampuan kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party yaitu menyenangkan, meningkatkan kosakata dan siswa lebih menyukai belajar bahasa Jepang. date: 2019-11-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Dedikbud. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Harimurti, Kridalaksana. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jamal, Ma’mur. (2016). Cooperative Learning dan Pembelajaran aktif, kreatif dan tidak membosankan. Yogyakarta: Diva Press. Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia. Nurgiantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media. Sudaryono. (2014). Educational Reseacrh Methodology. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia. Sudjianto dan Dahidi Ahmad. (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. 94 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Rosda. Tarigan, Henry. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry. (1994). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Jurnal Hanafy. (2017). Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran dan Perilaku Belajar Trehadap Hasil Belajar Peserta Ddidik di MA Madani Paopao Kabupaten Gowa. Jurnal Al-Kalam, 9(2), 125-130. DOI: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php.klm/article/view/4481 Hanna, Sundari. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 108. DOI: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/download/321/219 Khamidiyah. (2018). Penerapan Cooperative Learning Tipe Tea Party untuku Meningkatkan Keterampilan Menemukan Ide Pokok Paragraf pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Bina Bangsa Krembang Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/22632/2/Izzah%2520Riyatna%2520Khamidiyah_D07214006.pdf Pebriani, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang (Eksperimen Murni Terhadap Siswa Kelas X SMA BP 1 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016). JAPANEDU. DOI: http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/article/view/3290 Riskayanti. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Eralingua, 3(1), 27. DOI: http://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/download/8760/5095 Robihim. (2008). Analisis Metode Belajar Kosakata. Jurnal Lingua Cultura, 2(2), 189. DOI: https://journal.binus.ac.id/index.php/Lingua/article/download/310/296 citation: Susilowati, Anisha Dwi Meitira dan Sudjianto, Sudjianto dan Sukmara, Rina (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA MANDALAHAYU BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17456/1/ANISHA%20DWI%20MEITARIA%20SUSILOWATI.pdf