%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA Mandalahayu Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mandalahayu Bekasi tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentuk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Mandalahayu Bekasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 berjumlah 30 siswa dan kelas X MIPA 2 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitngan, diketahui bahwa nilai posttest kelas eksperimen sebesar 87.5 sedangkan kelas kontrol sebesar 78.7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan T rumus independent sampel t-test program SPSS 25 dengan taraf signifikan Sig. (2-tailed) < 0.05. Setelah di hitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0.004. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 32.1964 sedangkan kelas kontrol sebesar 1.1834. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party efektif terhadap kemampuan kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party yaitu menyenangkan, meningkatkan kosakata dan siswa lebih menyukai belajar bahasa Jepang. %I Universitas Prof.Dr. Hamka %A Anisha Dwi Meitira Susilowati %A Sudjianto Sudjianto %A Rina Sukmara %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA MANDALAHAYU BEKASI %D 2019 %L repository17456