eprintid: 17448 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/48 datestamp: 2023-07-10 08:32:15 lastmod: 2023-07-10 08:32:15 status_changed: 2023-07-10 08:32:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irawan, Very creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER PADA MATERI FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketidaktertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran fisika dan masih sedikitnya pengintegraisan nilai-nilai karakter di dalam media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggembangkan media pembelajaran berupa video animasi 3d berbasis karakter pada materi fisika SMA pokok bahasan hukum newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Dengan 5 tahapan penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analysis dilakukan analisis analisis kebutuhan dan studi pustaka. Pada tahap design dilakukan design awal media pembelajaran berupa penyusunan storyboard. Pada tahap development dilakukan pembuatan animasi pada sofwere blender. Pada tahap Evaluation, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media kemudian di uji cobakan skala kecil dan skala besar kepada peserta didik. Kemudian pada tahap implementation berupa penggunaan video animasi 3d sebagai media dalam pembelajaran fisika. Data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan, uji validasi dan uji coba berupa data kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.. Nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi sebesar 78,03% dengan kategori baik, kemudian nilai yang diperoleh dari ahli media sebesar 78,32% dengan kategori baik, Selanjutnya dari uji skala kecil di peroleh nilai sebesar 87,80% dengan kategori Sangat Baik dan padaa uji skala besar memperoleh nilai sebesar 80,97% dengan kategori baik. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010 Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. 3(1), 11–18. Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., & Winarno, E. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik-Jurnal Teknologi …, 17(2), 107–117. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658 Baihaqi, Maulinda, & Ulfa, M. (2019). Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi. 2(1), 79–85. Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70. Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (Perannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran) (1st ed.). Gava Media. Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif) (6th ed.). Raja Grafindo Persasda. Ermawati, I. R., Anomeisa, A. B., & Saputra, H. (2019). Pengaruh Ketrampilan Proses Sains Terintegrasi Karakter Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pedidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 7, 106–115. Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., & Suwandayani, I. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. 6(April), 88–95. Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Sekolah (1st ed.). AR-RUZZ Media. Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi) (A. Saepulrohim (ed.); 1st ed.). Penerbit Alfabeta. Hafidh Fajri Romadhona, R. (2017). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran “ Salut ” Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B Tk Marsudi Siwi. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, VI, 602–615. Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Hartariani, L. L., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 137–147. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8522 Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 160–180. Hendracipta, N., Pamungkas, A. A. N. S., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hand Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. 1, 34–48. Hendratman, H. (2015). The Magic OF Blender 3D Modeliing. Penerbit Informatika. Janawi. (2018). metodologi dan pendekatan pembelajaran (N. Huda (ed.)). Penerbit Ombak. Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731 Karwono, H., & Mularsih, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Serta Pemanfaatan Sumber Belajar) (1st ed.). Raja Grafindo Persasda. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan (3rd ed.). UHAMKA PRESS. Lickona, T. (2018). Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap mendidik siswa menjadi Pintar dan Baik) (I. M. Zakie (ed.); 4th ed.). Nusa Media. Mudlofir, A., & Rusyidiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik (2nd ed.). Raja Grafindo Persasda. Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, September 2017, 120–126. Parwati, N. N., Suryawan, I. putu P., & Ayu Aspari, R. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Raja Grafindo Persasda. Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144. Rahman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter (Refleksi dan Proposal Solusi Terhadap KBK dan KTSP) (U. A. Kurniati (ed.)). Prestasi Pustakarya. Rori, J., Sentinuwo, S., Karouw, S., & Pendahuluan, I. (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi. 8(1), 3–7. Rusman. (2018). Model-model pembelajaran (mengembangkan Profesionalitas Guru) (7th ed.). Raja Grafindo Persasda. Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalitas Guru). Raja Grafindo Persasda. Sadiman, A. S., Raharjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya) (17th ed.). Raja Grafindo Persasda. Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Penggembangan (3rd ed.). Kencana. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (25th ed.). Alfabeta. Supriyadi, E. (2015). Pendidikan dan Penilaian Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 110–123. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.7590 Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (Pipih Latifah (ed.)). Remaja Rosdakarya. Syafrizal, A., Toyib, R., & Saputra, G. (2019). Pembuatan Animasi 3D Profil Fakultas Teknik Universitas Muhmammadiyah Bengkulu. 20, 24–25. Uno, H. B., & Satria, K. (2016). Assesment Pembelajaran (D. Ispurwati (ed.); 5th ed.). Bumi Aksara. Waeo, V., S.M. Lumenta, A., & A. Sugiarso, B. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. E-Jurnal Teknik Informasi, 9(1), 1–8. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran (Visual-Audio Visual- Komputer-PowerPoint-Internet-Interactive Video). Kata Pena. Widodo, H. (2019). Penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51. Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055 citation: Irawan, Very dan Ermawaty, Imas Ratna (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER PADA MATERI FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17448/1/VERY%20IRAWAN.pdf