relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17447/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA creator: Rahma, Tanti Yustia creator: Kusdiwelirawan, Acep subject: QC Physics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada materi usaha dan energi di SMA Budhi Warman 1 semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes dan non-tes. Untuk instrument tes berupa soal uraian sebanyak 6 soal dengan indikator yang diukur yaitu indikator memprediksi, berhipotesis, mengamati, mengelompokkan, mengkomunikasikan, dan menerapkan konsep, sedangkan instrument non-tes berupa lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dengan cara melihat atau mengamati individu. Hasil yang diperoleh menunjukan rata-rata pretest peserta didik sebesar 30,14 dan adapun rata-rata posttest peserta didik memperoleh nilai 82,6. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dimana hasil perhitungan dari uji-t didapatkan thitung = 3,891 > 2,408 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (H0) ditolak dengan kata lain menerima hipotesis (H1) yang menyatakan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Fisika. date: 2020-09-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17447/1/TANTI%20YUSTIA%20RAHMA.pdf identifier: Rahma, Tanti Yustia dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.