eprintid: 17445 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/45 datestamp: 2023-07-10 08:32:09 lastmod: 2023-07-10 08:32:09 status_changed: 2023-07-10 08:32:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rodhiah, Salsa Ariani creators_name: Roza, Liszulfah title: Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa aplikasi ebook yang berisi materi pembelajaran fisika kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Siantan pada peserta didik kelas X MIA 2, SMAN 1 Palmatak pada peserta didik kelas X IPA 1, dan SMKN 4 Arung Hijau pada peserta didik kelas X TKJ. Uji coba skala kecil dilakukan pada peserta didik SMAN 1 Palmatak kelas X IPA 1 dengan jumlah peserta didik 15 orang. Uji coba skala besar dilakukan pada peserta didik SMAN 1 Palmatak kelas X IPA 1 dengan jumlah peserta didik 25 orang, SMAN 1 Siantan kelas X MIA 2 dengan jumah peserta didik 26 orang, dan SMKN 4 Arung Hijau kelas X TKJ dengan jumlah peserta didik 9 orang. Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket skala likert. Data yang diperoleh ialah data kuantitatif berupa jumlah persentase kelayakan media yang dikembangkan dan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan yang diberikan responden. Pada uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,66%. Uji kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 76,06%. Persentase yang diperoleh melalui uji coba skala kecil yaitu sebesar 82,13%. Sedangkan untuk uji coba skala besar memperoleh persentase sebesar 82,26%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan layak untuk digunakan. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman. (2016). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Representasi Jamak. Yogyakarta: Media Akademi. Azizah, R., Yuliati, L., dan Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2). “E-book”. Merriam-Webster Dictionary. diambil 26 April 2019, pada laman https://www.merriam-webster.com/dictionary/e-book. Enterprise, J. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Jakarta: Elex Media Komputindo. Ermatita, dkk. (2019). Pemrograman Aplikasi Mobile Menggunakan Eclipse ADT. Palembang: AHATEK. Fachrul & Gianto. (2015). Cepat Menguasai Pemrograman Android. Malang: UB Press. Fuad, N. (2016). Mengenal Ebook dan Bagaimana Membacanya di Perangkat Android dan PC. Hamdi, A.S. & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan. Irwandani. (2014). Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 1. Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group. 86 Putrawansyah, Ferry, Zulkardi, dan Sardianto. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan kalor di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4). Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: Rajawali Pers. Saefullah, I. (2017). Membuat Buku Digital Mandiri. Indramayu: Kainoe Books. Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana. Setiawan, Y.A. (2017). Belajar Android Menyenangkan Membuat Konten Media Pembelajaran Berbasis Android. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi. Sherley, Y.U. (2014). Pengembangan Media E-book pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Shiratuddin, N., dkk. (2003). E-Book Technology and Its Potential Applications in Distance Education. Journal of Digital Information, 3(4). https://journals.tdl.org/jodi/index.php/jodi/article/view/90/89, diakses pada 26 April 2019. Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi. Yogyakarta: Media Akademi. Tompo, B. (2017). Cara Cepat Membuat Buku Digital Android. MATsNUEPA PUBLISHING. Yudhanto,Y. & Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo citation: Rodhiah, Salsa Ariani dan Roza, Liszulfah (2020) Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17445/1/Salsa%20Ariani%20Rodhiah.pdf