%A Qornelia Rifa Ufairiah %A Wahyu Dian Laksanawati %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Tecnology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA di SMAN 1 Koba. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari pretest dan posttest yang disusun berlandaskan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) melakukan klasifikasi dasar; (2) menilai dukungan dasar; (3) membuat kesimpulan; (4) melakukan klasifikasi tingkat lanjut; (5) menerapkan strategi dan taktik dalam menyelesaikan masalah . Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis didapatkan dan , maka dapat disimpulkan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemberian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. %L repository17443 %D 2021 %T Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa