%A Nilah Nilah %A Liszulfah Roza %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Knowledge Sharing terhadap kemampuan analisis dan evaluasi siswa dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian yaitu One-Grup Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 29 Kab. Tangerang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa kelas X IPA pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampaun analisis dan evaluasi yang terdiri dari 15 soal uraian yang mencakup indikator kemampuan analisis dan evaluasi yaitu aspek menganalisis meliputi : membedakan (differentiating), mengorganisir (organizing), menghubungkan (attributing) dan aspek mengevaluasi meliputi: memeriksa (checking) dan mengkritik (critiquing) Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu rata-rata nilai postest kemampuan analisis dan evaluasi siswa yang menggunakan strategi knowledge sharing mencapai 66,97 sedangkan rata-rata nilai pretest kemampuan analisis dan evaluasi siswa mencapai 39,93. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh sebesar 5,076 dan sebesar 2,159. Hasil perhitungan tersebut berarti > sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan analisis dan evaluasi siswa dengan menggunakan strategi knowledge sharing. %L repository17441 %D 2020 %T PENGARUH STRATEGI KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN EVALUASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA