eprintid: 17440 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/40 datestamp: 2023-07-10 08:31:47 lastmod: 2023-07-10 08:31:47 status_changed: 2023-07-10 08:31:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apriyanti, Nurliana creators_name: Burhendi, Felicianda Adrin title: PENGEMBANGAN DIAGNOSTIK TES TIPE FOUR TIER BERKARAKTERISTIK EVALUASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan belajar atau pemahaman pada siswa dengan pengembangan Four Tier Test Berkarakteristik Evalasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tes ini dilakukan untuk menentukan validitas, reabilitas yang ada pada Four Tier Test dengan menganalisis sejauh mana siswa dapat memahami konsep, serta mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi Termodinamika. Four Tier Test terdiri dari empat tingkatan yaitu pertanyaan dengan satu jawaban benar pada lima option yang tersedia, tingkat kepercayaan jawaban, alasan dan tingkat kepercayaan atas alasan. Penelitian ini termaksuk ke dalam jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu sisea kelas XII di SMA Muhammadiyah 4, SMA Muhammadiyah 23, SMA PGRI 4 Jakarta, SMA Budhi Warman II dan SMA Diponegoro 2. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini terdiri dari kisi-kisi soal, butir pertanyaan, kunci jawaban dan lembar analisis pemahaman konsep siswa dalam tiap butir soal. Validasi yang dilakukan oleh validator menyatakan bahwa instrument ini dikatakan layak untuk digunakan. Pada studi pendahuluan dinyatakan bahwa sistem yang tidak paham konsep yaitu 18,3%, siswa yang tidak mengerti rumus dan konsep sebesar 56,7% dan siswa yang tidak paham rumus sebesar 25%. Pada uji coba temuan dilapangan menyatakan miskonsepsi pada materi Termodinamika yaitu 32,35%, tidak paham konsep 11,37%, eror 5,52%. paham konsep 21,08% dan 29,02%. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman. (2019). Administrasi Dalam Pembelajaran. Adlia Alfiriani, M.Pd. (2016). Afriani, E. (2019). Pengembangan Tes Higher Order Thingking Skills (HOTS) Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Untuk SMA. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 1–9. Afriani, E., Tiur Maria, H. S., & Oktavianty, E. (2019). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Untuk Sma. Pengembangan Tes HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN UNTUK SMA, 8(3), 1–12. Alfiani. (2015). Analisis Profil Miskonsepsi Dan Konsistensi Konsepsi Snf2015-Iv-29 Snf2015-Iv-30. Seminar Nasional Fisika, IV, 29–32. Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Bahasa Indonesia. Alwi, I. (2016). Penyusunan Soal Higher Order Thingking Skills Dalam Pembellajaran Di Kelas. Ariyana, Y., Bestary, R., Yogyakarta, U. N., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Y. Ariyana, A. Pudjiastuti, R. Bestary, & Zamroni (Eds.), Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (pp. 1–95). repositori.kemendikbud.go.id. Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. In Evaluasi Pembelajaran (pp. 1–245). Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 55. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.289 Ermawati, I. R., & Kusdiwelirawan, A. (2016). Fisika Dasar I Berbasis Nilai. Faradillah, A., Hadi, W., & Boro, S. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar (EPHB) matematika dengan Diskusi dan Simulasi (DiSi). Fayakun, M., & Joko, P. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL ( CTL ) DENGAN METODEPREDICT , OBSERVE , EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI THE EFFECTIVENESS OF PHYSICS COURSE USING CONTEXTUAL MODELS ( CTL ) WITH POE ( PREDICT , OBSERVE , EX. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003 Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Heru, M., & Suparno, S. (2019). The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTS. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3002 Ismail, M. I. (2020). Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA (PysTHOTS) PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120 Malik, A., Rosidin, U., & Ertikanto, C. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Hots Fisika Sma. Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 3(1), 11–25. Marwiyah, Alauddin, Ummah Bk, & Khaerul, M. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. In Academia Education (Issue 1). Nugraha, M. G., Kaniawati, I., Rusdiana, D., & Kirana, K. H. (2016). Combination of inquiry learning model and computer simulation to improve mastery concept and the correlation with critical thinking skills (CTS). AIP Conference Proceedings, 1708(2016). https://doi.org/10.1063/1.4941181 Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( High Order Thinking Skills ) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 86–90. Rochim, F. N., Munawaroh, F., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). IDENTIFIKASI PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI CAHAYA MENGGUNAKAN METODE FOUR TIER TEST DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX ( CRI ). Natural Science Education Reseach, 2(2), 140–149. Sani, R. A. (2019). Cara Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills. Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelemtasinya Dengan Teknik Jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “desain pembelajaran di era ASEAN economic community (AEC) untuk pendidikan Indonesia berkemajuan .” http://eprints.umsida.ac.id/432/1/ARTIKEL Bintari Kartika Sari.pdf Sari, N. W. N. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Three Tier Diagnostic Test Berbasis Higher Order Thinking Skills. Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 39. Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Sub-Materi Fluida Dinamik: Azas Kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180. https://doi.org/10.21009/1.03208 Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2014). Seminar Nasional Informatika 2014 PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ORIGAMI DENGAN PENDEKATAN ADDIE Seminar Nasional Informatika 2014. Seminar Nasional Informatika, 1(1), 128–133. Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. Utari, G. P., & Liliawati, W. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalormenggunakan four tier diagnostic test di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 0, 86–98. Wilantika, N., Khoiri, N., & Saifullah, H. (2019). Jurnal phenomenon. Phenomenon, 09(1), 10–20. Yusuf, M. (2017). Assesmen dan Evaluasi Pendidikan. citation: Apriyanti, Nurliana dan Burhendi, Felicianda Adrin (2020) PENGEMBANGAN DIAGNOSTIK TES TIPE FOUR TIER BERKARAKTERISTIK EVALUASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17440/1/NURLIANA%20APRIYANTI.pdf