eprintid: 17439 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/39 datestamp: 2023-07-10 08:31:46 lastmod: 2023-07-10 08:31:46 status_changed: 2023-07-10 08:31:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kumaladewi, Nurindah creators_name: Suminten, Nyai title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA. Produk ini dapat dijadikan sebagai media bantu bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan produk, kemudian diujicobakan kepada guru mata pelajaran fisika serta diujicobakan kepada 24 peserta didik untuk kelompok kecil dan 59 peserta didik untuk kelompok besar dari empat sekolah yang berbeda untuk memberi masukan mengenai produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan aplikasi mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA, kualitas aplikasi mobile learning yang telah dikembangkan adalah dalam kategori baik berdasarkan penilaian ahli materi yaitu sebesar 80,80 % dan ahli media dalam kategori cukup baik sebesar 75,32 %. Penilaian respon pendidik pada ujicoba adalah baik yakni sebesar 81% serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar adalah baik yakni 82,11% dan 84 %. Sehingga aplikasi mobile learning ini dapat dijadikan sebagai media bantu yang layak bagi peserta didik dan pendidik. date: 2020-09-05 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] Y. L. Sulastri and L. L. Hakim, “Pembelajaran Berbasis Mobile,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 19, no. 2, p. 173, 2014, doi: 10.18269/jpmipa.v19i2.458. [2] M. E. Jalinus, Prof. Dr. Nizwardi and M. P. Dr. Ambiyar, Media & Sumber Pembelajaran, 1st ed. JAKARTA: KENCANA, 2016. [3] Z. Sesmiarni, “Membendung radikalisme dalam dunia pendidikan melalui pendekatan,” vol. 9, pp. 233–252. [4] A. Solihat, R. L. Panjaitan, and D. Djuanda, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING,” vol. 2, no. 1, pp. 451–460, 2017. [5] P. Pendidikan, F. Fakultas, K. Universitas, I. Negeri, and R. Intan, “PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING ( BBL ): DAMPAK PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PHYSICS LEARNING WITH BRAIN BASED LEARNING ( BBL ) MODEL : IMPACT ON SKILLS CRITICAL THINKING SKILLS,” vol. 02, no. 3, pp. 344–352, 2019. [6] S. S. Sma, “Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi The Effect of Brain-Based Learning Approach toward the Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy of Senior High School Students,” vol. 11, pp. 11–24, 2016. [7] S. Rabiah, “Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Pergurtuan Tinggi,” Univ. Muslim Indones., vol. 1, no. April 2015, pp. 1–7, 2015. [8] Hanafi, “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan,” Saintifika Islam. J. Kaji. Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017. [9] Prof.Dr.Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF, dan R&D, 23rd ed. Bandung: ALFABETA, 2016. [10] METODE RISET PENELITIAN KUANTITATIF PENELITIAN DI BIDANG MANAJEMEN, TEKNIK, PENDIDIKAN, DAN EKSPERIMEN, 1st ed. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH, 2020. [11] M. P. Dr. H. Salim and M. P. Dr. Haidir, S.Ag, PENELITIAN PENDIDIKAN: METODE, PENDEKATAN, DAN JENIS, 1st ed. JAKARTA: KENCANA, 2019. [12] M. . Dr. Benny A. Pribadi, Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE, 2nd ed. JAKARTA: KENCANA, 2016. [13] I. M. Tegeh, I. N. Jampel, and K. Pudjawan, “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE,” Semin. Nas. Ris. Inov. IV, pp. 208–216, 2015. [14] Ali Mudlofir, DESAIN PEMBELAJARAN IVOVATIF DARI TEORI KE PRAKTIK, 1st ed. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2016. 102 [15] D. Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, 1st ed. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA, 2016. [16] M. Jazuli, L. F. Azizah, and N. M. Meita, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS,” vol. 7, no. 20, pp. 47–65, 2017. [17] J. Andi, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015, [Online]. Available: elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375. [18] S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 22–26, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19336. [19] O. Rizky, A. Anggreiny, and M. Si, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN ZATHURA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KRETEK DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA BASED ON ZATHURA GAME TO IMPROVE INTERESTS AND RESULTS OF PHYSI,” no. 1, pp. 530–540, 2018. [20] N. Ibrahim and I. Ishartiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 1, 2017, doi: 10.24176/re.v8i1.1792. [21] W. Oktaviani, P. Studi, and P. Fisika, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN Abstract -This study aims to determine the influence of contextual physics teaching materials in an effort to improve the mastery of student concepts . This research is a type of research devel,” vol. III, no. 1, pp. 1–7, 2017. [22] H. N. Lengkong, A. A. E. Sinsuw, and A. S. M. Lumenta, “Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 18–25, 2015. [23] Kamajaya, Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X, 1st ed. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007. [24] Raymond A.Serway dan John W.Jewet, Fisika Untuk Sains Dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika, 2010. [25] Hugh D. Young dan Roger A, Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga, 2017. [26] M. Ishaq, Fisika Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2017. [27] D. C. Giancoli, Physisc. Jakarta: Erlangga, 2015. [28] Nunuk Suryani, MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF dan PENGEMBANGANNYA, 1st ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2018. [29] M. . Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., MEDIA & TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 1st 103 ed. JAKARTA: KENCANA, 2018. [30] A. Widodo et al., “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 JETIS PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN BENDA TEGAR POCKET BOOK LEARNING MEDIA DEVELOPMENT BASED ON DIGITAL AN,” vol. 475, pp. 147–154. [31] M. . Dr. Benny A. Pribadi, MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN, 1st ed. JAKARTA: KENCANA, 2017. [32] M. R. L. Alhafidz, A. Haryono, and E. E. Program, “Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi,” vol. 11, no. 2, pp. 118–124, 2018. [33] S. K. Yohan Adi Setiawan, Belajar Android Menyenangkan, Pertama. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi, 2017. [34] L. Ariyanto, N. D. Rahmawati, and A. Haris, “Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa,” JIPMat, vol. 5, no. 1, pp. 36–48, 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5478. [35] M. Zulham and D. Sulisworo, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 2, pp. 132–141, 2017, doi: 10.26877/jp2f.v7i2.1308. [36] D. Ramadhani and I. Lestari, “Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan,” J. Untan, vol. 9 No 1, pp. 99, 99–107, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703. [37] Y. Aprilinda and F. Ariani, “Aplikasi Tuner Guitar Berbasis Android Untuk Membantu Dalam Bermain Dan Menyetel Gitar,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 6, no. 2, 2016, doi: 10.36448/jsit.v6i2.642. [38] H. Kusniyati and N. S. Pangondian Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2016, doi: 10.15408/jti.v9i1.5573. [39] G. Amirullah and S. Susilo, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android,” WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, p. 38, 2018, doi: 10.30738/wa.v2i1.2555. [40] B. B. Ausubel, “5.Rahmah,” pp. 43–48, 2013. [41] R. Y. Gazali, “Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel,” PYTHAGORAS J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 2, p. 182, 2016, doi: 10.21831/pg.v11i2.10644. [42] M. Dina Amsari, “Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika,” J. basicedu, vol. Vol. 3, no. No. 2, p. hlm 52, 2018. 104 [43] A. W. Yanti and N. R. Afroh, “( Bbl ) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir,” no. November, pp. 1–14, 2019. [44] I. K. Sadiqin, M. Istyadji, and A. Winarti, “PEMBELAJARAN KIMIA Optimizing the Student ’ s Right Brain Potential in Chemistry Learning Process,” vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2017. [45] M. P. Afif Rulyansyah, MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCES, 1st ed. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng, 2017. [46] N. L. Sari and dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Siswa,” J. Pendidik. Mandala, vol. 1, no. 8, pp. 61–65, 2016. [47] Yulvinamaesari, “Implementasi Brain Based Learning Dalam Pembelajaran,” Pros. Semin. Nas., vol. 01, pp. 100–102, 2014. [48] A. Khafid, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” vol. 4, no. 2, pp. 71–82, 2016 citation: Kumaladewi, Nurindah dan Suminten, Nyai (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17439/1/Nurindah%20Sari.pdf